Ini 12 Makanan Pencegah dan Pembunuh Kanker
Ilustrasi sayuran dan buah-buahan pencegah kanker

Jakarta, Aktual.com —  Ketika anda melihat pada menu diet sehat yang diresepkan oleh ahli kesehatan, mungkin anda akan terkejut jika sebagian besar sayuran yang diresepkan dalam makanan pada kenyataannya adalah anti-kanker.

Ya, membunuh kanker! Untuk membunuh kanker, anda tidak dapat menghindari sayuran dan buah-buahan tertentu juga. Pencegahan selalu lebih baik daripada memerangi gangguan setelah melintasi fase awal. Oleh karena itu, masukkanlah makanan anti-kanker kedalam menu diet anda ketika anda masih muda adalah hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Seperti yang di kutip dari boldsky.com, Minggu (13/3). Ada 12 makanan yang dapat mencegah kanker, membunuh kanker atau memperlambat pertumbuhannya yaitu,

1. Tomat
Lycopene yang terkandung dalam tomat adalah antioksidan yang dapat mencegah paru-paru, kanker payudara, dan prostat.

2. Jahe
Jahe adalah anti-inflamasi dan juga anti-kanker, yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk mencegah pertumbuhan kanker. Bahkan jahe pun dapat mencegah kanker ovarium.

3. Wortel
Beta-karoten merupakan anti-oksidan yang terkandung dalam wortel yang dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Dan wortel juga dapat melindungi sel-sel anda dari berbagai jenis kerusakan.

4. Bawang putih
Kita semua tahu bahwa bawang putih merupakan zat anti-kanker. Karena kandungan sulfur dalam bawang putih dapat melawan sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhan mereka. Selain itu bawang putih bisa mencegah paru-paru, kanker payudara, usus besar dan prostat.

5. Buah Delima
Di dalam buah delima mengandung anti-inflamasi dan juga anti-oksidan. Yang mana apa bila anda memakan biji atau meminum jus buah delima maka anda akan terhindar dari penyakit kelebihan gula.

6. Kacang
The photo adalah bahan kimia yang terkandung dalam kacang yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dan nutrisi dalam kacang pun dapat mencegah kanker pankreas.

7. Kunyit
Kurkumin yang terkandung dalam kunyit merupakan anti-oksidan hadir yang dapat melawan sel-sel kanker. Caranya gunakanlah bubuk kunyit dalam setiap masakan anda.

8. Buah Anggur
Resveratrol yang hadir dalam buah anggur dapat menghancurkan sel-sel kanker dan juga meminimalkan peradangan dalam tubuh anda.

9. Buah Stroberi
Pada dasarnya buah stroberi mengandung ellagic acid dan Vitamin C yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sedangkan berries dikatakan untuk mencegah perut, kerongkongan, paru-paru dan kanker mulut.

10. Teh hijau
Tahukah anda apabila katekin dalam teh hijau bisa mencegah kanker. Bahkan, senyawa tertentu dalam teh hijau dapat membersihkan liver anda.

11. Bayam
Bayam dapat mencegah kanker kerongkongan. senyawa tertentu seperti lutein dan zeaxanthin yang hadir dalam bayam dapat membersihkan tubuh anda dan mencegah beberapa jenis kanker.

12. Sayuran lainnya
Seperti Brokoli, kale dan kubis dikatakan untuk mencegah berbagai jenis kanker termasuk mulut, lambung dan kanker esophagus.

(Ismed Eka Kusuma)