Jakarta, Aktual.com – Banyak kaum perempuan mengikuti pola makan artis-artis Korean Pop (K-Pop) karena mendambakan bentuk tubuh langsing seperti mereka. Salah satu jenis “diet K-Pop” yang viral dan banyak dilakukan adalah metode “diet IU”.

Diet IU dilakukan minimum tiga hari, dengan pola makan harian yang terdiri dari konsumsi satu apel untuk sarapan, dua ubi untuk makan siang, dan segelas susu protein untuk makan malam.

“Ya sah-sah saja kalau mau mencoba diet itu, tidak masalah asalkan pelakunya memiliki tubuh yang sehat dan tidak memiliki penyakit tertentu,” ujar dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital Jakarta, dr Inge Permadhi SpGK, ditulis Jumat (11/10).

Diet seperti ini dikatakan Inge memang cepat dalam menurunkan berat badan, karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh per hari tidak sampai 500 kilo kalori.

“Sementara perempuan dewasa rata-rata mengkonsumsi minimum 1.500 hingga 3.000 kilo kalori per hari,” jelas Inge.

Menurut Inge, diet IU masih memungkinkan bila dilakukan dalam kurun waktu tiga hari. Namun dapat membahayakan kesehatan bila dilakukan dalam jangka waktu lama atau terlalu sering.

(Abdul Hamid)