Jakarta, Aktual.com — Terpidana kasus penggelapan pajak, Gayus Tambunan mengklaim tidak pernah keluar Lapas Sukamiskin dengan melanggar prosedur. Demikian disampaikan kuasa hukum Gayus, Untung Sunaryo menanggapi beredar foto kliennya di sosial media.

Untung mengatakan, foto kliennya yang beredar dimasyarakat itu diambil tentunya ketika Gayus memang diharuskan untuk keluar Lapas, dan pastinya sesuai dengan Peraturan Penjagaan Lembaga Pemasyarakatan (PPLP).

“Kalau dia (datang) sidang, ada surat panggilannya dengan pengawalan petugas. Berkaitan dengan gambar itu (foto) saya yakin (Gayus) keluar dengan prosedur yang sah, sesuai dengan PPLP,” kata Untung saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (22/9).

Sebelumnya, Kepala Lapas Sukamiskin Edy Kurniadi menjelaskan bahwa foto Gayus yang beredar itu, diambil usai dia menjalani sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Utara.

Namun demikian, ketika dikonfirmasi ke Untung, justru dia sama sekali tak mengetahui jika mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu sedang menghadapi sidang gugatan cerai dari sang istri. Dia pun tak mengetahui Gayus mampir ke tempat makan usai menjalani sidang.

“Tapi untuk yang kasus itu (gugatan cerai) enggak menangani proses hukumnya. Dalam hal ini hanya menangani masalah PK (Peninjauan Kembali, litigasi pemasyarakatan, tentang hak warga binaan,” kata dia.

Dia pun berharap, agar semua pihak tidak terpengaruh dengan adanya isu Gayus ini. “Saya harapkan kalau ada hal seperti ini, cari kebenaran sampai maksimal. Selaku lawyer ada keadilan yang seimbang (untuk Gayus),” ujar dia.

(Wisnu)