Arsip - Presiden Brasil Jair Bolsonaro batuk selama upacara untuk menyetujui RUU yang membentuk Pengadilan Regional Federal, di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, Rabu (20/10/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ueslei Marcelino/RWA/djo

Jakarta, Aktual.com – Beberapa makanan saat sarapan dapat membantu proses penyembuhan, namun ada sejumlah hidangan yang malah mungkin membuat seseorang lebih buruk saat cuaca buruk, salah satunya kopi.

Saat seseorang merasa sakit dan lelah, dia mungkin akan meminum secangkir kopi untuk meningkatkan energi. Tetapi, menurut pakar nutrisi Frances Largeman-Roth, RDN seperti disiarkan Livestrong belum lama ini, hanya minum kopi untuk sarapan tidak akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk sembuh.

Plus, kafein membuat dehidrasi, sementara hidrasi yang tepat adalah kunci pemulihan. Selain itu, kopi dapat memperburuk masalah indeks glikemik jika perut asam.

Selain kopi, yogurt juga bukanlah pilihan yang baik bila seseorang memiliki dahak.

“Meskipun itu makanan yang sehat saat Anda merasa sehat, makan yogurt saat Anda batuk atau sedang menghadapi banyak lendir dapat memperburuk gejala tersebut,” kata Largeman-Roth.

Hidangan berikutnya yang harus dihindari saat sakit yakni kue-kue kering. Kue manis tidak menyediakan nutrisi seperti vitamin C atau elektrolit untuk membantu seseorang sembuh dari sakit, menurut Largeman-Roth.

Lebih buruk lagi, tambahan gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang tentunya tidak mendukung sistem kekebalan karena melakukan tugas berat melawan infeksi.[ant]

 

(Andy Abdul Hamid)