Jakarta, aktual.com – Dalam kehidupan kita yang saat ini tidak ada yang tidak mungkin, seperti halnya kita tidak dapat memprediksi sesuatu yang akan terjadi di masa depan atau di masa yang akan mendatang. Apakah yang terjadi di masa mendatang itu baik bagi kita atau justru dapat mencelakakan diri sendiri ataupun orang lain.

Kita tidak dapat memperkirakan sesuatu yang terjadi di masa mendatang baik itu bahaya maupun hal lainnya, maka dari itu sebagai seorang manusia yang perduli terhadap keselamatan diri sendiri maupun orang lain banyak yang berbondong – bondong untuk membuat sebuah “tanggungan“ atau biasa disebut dengan istilah asuransi. Apa itu Asuransi ? Nah, mari kita bahas lebih detail mengenai hal tersebut !

Apa Sih Itu Asuransi?
Asuransi merupakan sebuah istilah yang mengarah ke sebuah pemberian tunjangan, nah apa maksudnya? Asuransi itu merupakan sebuah perjanjian, perjanjian yang seperti apa?, lebih mengarah ke sebuah tindakan, sistem, ataupun usaha / bisnis yang memiliki perlindungan secara finansial atau bisa kita sebut dengan memberikan ganti rugi secara finansial terhadap orangnya atau pemilik dari asuransi tersebut dan perlindungan tersebut biasanya dalam ruang lingkup properti, jiwa,kesehatan, dan sebagainya. Nah, jika seorang pemilik asuransi mengalami sebuah kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan, kematian, kerusakan,dan bahkan sakit maka akan mendapatkan sebuah pergantian yang diakibatkan oleh hal – hal atau kejadian yang tidak terduga. Bahkan pelaksanaan asuransi telah ditetapkan atau diatur dalam undang – undang yakni UU Nomer 2 Tahun 1992 dan KUHD ( Kitab Undang – undang Hukum Dagang).

Asuransi sendiri sering disebut sebagai pertanggungan, asuransi juga dapat diartikan sebagai bentuk usaha atau pengendalian untuk mengalihkan kemungkinan yang dapat terjadi di masa mendatang, namun juga dapat diistilah sebagai sebuah perjanjian antara pihak penanggung dan pihak tertanggung mengenai penggantian kerugian karena suatu hal yang kemungkinan terjadi di masa mendatang. Asuransi sendiri terbagi menjadi beberapa cakupan seperti Asuransi Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi pendidikan, Asuransi Bisnis, dan Asuransi Kendaraan.

Tips Memilih Asuransi yang Bagus
Asuransi Jiwa merupakan asuransi yang memberikan perlindungan diri sendiri maupun orang lain terhadap resiko – resiko hidup seperti kecelakaan alam ataupun kecelakaan yang mengakibatkan pihak yang memiliki tanggungan asuransi tidak normal akibat kecelakaan tersebut. Banyaknya berbagai perusahaan – perusahaan asuransi yang saling menawarkan membuat sedikit kebingungan. Bagaimana dengan tips dan triknya memilih asuransi yang bagus dan menguntungkan ? Yuk kita bahas dulu, yakni:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Asuransi yang akan kita pilih harus dilihat dari apakah kita memang perlu atau membutuhkan asuransi tersebut. Kita harus teliti dan jeli terhadap promosi – promosi yang menawarkan beberapa asuransi lain dengan berbagai promo serta keuntungan yang menarik para pembeli. Memang menggiurkan,namun kita harus memikirkannya matang –matang dan kembali ke diri kita masing –masing dahulu. Apakah memang perlu ? satu pertanyaan ini harus ditekankan untuk meminimalisir orang –orang yang membeli asuransi tersebut karena tergiur iming – iming promonya yang berakibat terhadap kebutuhannya.

2. Cek kondisi Keuangannya
Jika kita membeli asuransi maka kita tidak serta merta langsung dengan mudahnya mendapatkan tunjangan atau ganti rugi secara finansial, kita harus membayar premi sesuai dengan kesepakatan pada saat membeli asuransi tersebut. Nah maka dari itu ada baiknya untuk mengecek kondisi keuangan kita sendiri, apakah lancar dan mampu untuk membayar premi yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi yang kita pilih.

3. Ketahui Info perusahaan Lebih Banyak
Sebelum Membeli asuransi dari salah satu perusahaan, ada baiknya untuk mengetahui derajat si perusahaan asuransi jiwa tersebut ataupun mengetahui apakah termasuk ke dalam perusahaan yang mumpuni atau tidak. Bahkan kita juga dapat membandingkan terlebih dahulu antara satu perusahaan asuransi jiwa dengan perusahaan asuransi jiwa lainnya, agar kita dapat mengetahui siapa yang lebih superior dan berbobot, karena saking banyaknya perusahaan – perusahaan asuransi yang beredar di pasaran membuat kita harus dapat mengorek informasi untuk mengetahui siapa yang paling baik atau punya kualitas terbaik dalam penanganan maupun pelaksanaannya.

4. Kenal dengan produk – produknya
Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang sudah memiliki nama di kancah perasuransian yakni asuransi jiwa sequis. Asuransi jiwa ini merupakan salah satu produk perusahaan yang sudah terdengar ketangguhannya. Mengetahui produk-produknya menjadi salah satu cara untuk agar dapat memilih mana asuransi jiwa yang terbaik bagi kita.

(Zaenal Arifin)