Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali./antara

Jakarta, Aktual.com – Salah satu kawasan wisata yang terkena dampak pandemi tak lain adalah Bali. Pulau Dewata yang biasanya dipadati wisatawan mancanegara maupun lokal, kini masih tampak sepi. Padahal, banyak hotel murah di Bali telah kembali beroperasi dengan menerapkan aturan new normal. 

Meski aktivitas sektor wisata telah berjalan kembali, kondisi Bali masih tergolong sepi dibandingkan sebelum pandemi. Perbedaan tersebut tampak sangat jelas, mulai dari pantai yang lowong, kafe yang sepi, hingga aktivitas bandara yang jauh dari kata sibuk.

Dengan adanya peraturan new normal, tak ada salahnya untuk coba membangkitkan kembali pariwisata di Bali.  Tentunya, kamu pun perlu  mencari akomodasi aman agar mengurangi risiko penularan. Tak perlu khawatir, sudah ada banyak penginapan yang menerapkan aturan new normal demi keamanan staf dan tamunya. Ayo simak ulasannya.

Ada aturan physical distancing

Salah satu upaya terbaik menghindari penularan adalah menjaga jarak dengan orang lain. Agar terlaksana dengan baik, beberapa hotel di Bali pun menerapkan aturan physical distancing. Mulai dari aturan tertulis, penanda jarak, hingga imbauan dari staff hotel adalah beberapa cara dalam menerapkan kegiatan jaga jarak para tamu.

Kewajiban menggunakan alat pelindung diriÂ

Demi keamanan para staf dan tamu, pihak hotel pun mewajibkan aturan penggunaan alat pelindung diri selama dalam akomodasi. Untuk pihak staf sendiri, menggunakan masker, face shield, serta sarung tangan adalah beberapa upaya yang dilakukan.

Sistem kebersihan lebih ekstra

Sebelum pandemi, sistem kebersihan hotel tentu telah terjaga. Bedanya, kini hotel turut mengaplikasikan penyemprotan disinfektan saat melakukan pembersihan kamar. Dengan begitu, seluruh kamar telah kembali steril sebelum digunakan oleh tamu yang baru.

Ketersediaan fasilitas pembersih tangan

Mencuci atau membersihkan tangan juga dinilai cukup efektif untuk mencegah rantai penularan Covid-19. Demi mendukung hal tersebut, hotel pun berupaya untuk menyediakan pembersih tangan di berbagai sudut area. Mulai dari pintu masuk lobby, restoran, hingga di setiap pintu maupun area umum adalah beberapa lokasi penempatan pembersih tangan.

Saluran bantuan darurat

Saat berlibur, kamu tentu tak begitu mengenal maupun mengetahui kondisi setempat. Padahal, kamu pun tak bisa menghindari kondisi darurat selama liburan. Agar lebih aman, mencari penginapan yang dekat dengan fasilitas kesehatan atau menyediakan saluran bantuan darurat adalah pilihan yang tepat.

Petugas yang teredukasi

Agar setiap aturan new normal berjalan dengan optimal, pihak hotel pun perlu memastikan seluruh staf teredukasi dengan baik. Mulai dari pemahaman tentang covid-19, pencegahan penularan, hingga penanggulangan kondisi darurat menjadi beberapa hal yang perlu dipahami setiap staf hotel.

Untungnya, masing-masing aspek di atas telah diterapkan oleh beberapa penginapan OYO Rooms. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penawaran harga terbaik dengan jaminan keamanan dari setiap penginapan. Agar mempermudah pencarian, kamu bisa mengaktifkan filter Sanitized Stays dalam website maupun aplikasi OYO Rooms.

Jika tertarik, kamu bisa memasukan OYO Geranyam Guest House, OYO Elitya Stay, ataupun OYO Vin Stay ke dalam daftar pilihan hotel aman di Bali. Masing-masing hotel tersebut telah menerapkan aturan ner normal dengan baik serta mendapat kesan baik dari para tamu.

Jika ingin memiliki lebih banyak pilihan, langsung saja telusuri OYO Rooms untuk mendapat penginapan sesuai kriteria. Nah, jadi semakin tertarik untuk staycation dengan hotel di murah di Bali bukan?

(Abdul Hamid)