Jakarta, Aktual.com – Berbicara soal destinasi wisata menarik di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Mungkin Anda sudah pernah mengunjungi berbagai wisata murah di Yogyakarta, namun kota ini juga punya banyak sekali wisata alam dengan pemandangan menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang suka menjelajahi keindahan alam, berikut ada 7 destinasi wisata alam di Yogyakarta yang punya view keren yang bisa Anda kunjungi. Tenang, semua tempat wisata ini sudah menerapkan protokol kesehatan dan jika Anda berkunjung pun tetap harus menggunakan masker ya!

1. Puncak Suroloyo

Mirip dengan Punthuk Setumbu yang ada di Magelang, bukit yang berada di Bukit Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta ini menawarkan keindahan Candi Borobudur dan alam Yogyakarta dari ketinggian.

Bagi Anda pecinta sunrise, jangan lewatkan keindahan sunrise di Puncak Suroloyo yang memiliki ketinggian sekitar 2.000 mdpl ini. Walaupun Anda harus menaiki ratusan anak tangga untuk mencapai puncaknya, namun hal ini akan terbayar lunas dengan pemandangan yang disuguhkan karena Anda bisa melihat Candi Borobudur, Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro dari kejauhan saat cuaca cerah.

2. Bukit Panguk Kediwung

Berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Dlingo, bukit yang satu ini merupakan spot populer untuk mengejar sunrise dan sunset dengan view yang begitu indah.

Di bukit ini terdapat banyak gardu pandang untuk spot berfoto yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil foto sebagai kenangan pernah mengunjungi bukit dengan view menawan yang menyejukkan mata ini.  

3. Puncak Becici

Wisata alam yang satu ini lokasinya tidak begitu jauh dari Kebun Buah Mangunan. Berada di area hutan pinus, Puncak Becici menawarkan keindahan perbukitan dan juga Gunung Sindoro dan Gunung Merapi saat cuaca cerah.

Di tempat wisata ini juga tersedia banyak spot foto instagramable yang juga sayang untuk dilewatkan. Jika Anda datang di sore hari, maka bersiaplah menikmati suasana sunset yang romantis di puncak ini.

4. Kalibiru

Terletak di Kulonprogo, wisata Kalibiru berada di Bukit Menoreh di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Selain menyediakan banyak gardu pandang sebagai spot foto instagramable, di wisata Kalibiru juga tersedia paket outbound bagi Anda yang menyukai kegiatan ekstrim di alam.

5. Pantai Kukup

Pantai yang berada di Gunungkidul ini disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Yogyakarta. Hal ini karena pantai ini memiliki pulau karang di sisi timur yang dilengkapi dengan gardu pandang bagi pengunjung. Disini pengunjung dapat melihat keindahan laut lepas yang mempesona.

Berbeda dari pantai laut selatan yang biasanya punya ombak besar, tapi pantai ini memiliki ombak yang tenang karena ada gugusan karang yang melindungi pantai dari ombak besar. Anda pun bisa menikmati keseruan main air di pantai ini.

6. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun dengan dua warna ini juga patut dikunjungi saat Anda berkunjung ke Yogyakarta. Ada banyak kolam alami yang terbentuk di air terjun bertingkat ini. Anda bisa santai berendam di dalamnya sambil menikmati pemandangan sekitar yang asri.

Selain bermain air, di air terjun ini juga ada fasilitas flying fox, banyak spot foto cantik dan jembatan bambu untuk Anda yang ingin melihat air terjun dari dekat tapi tidak mau basah-basahan.

7. Air Terjun Kedung Kandang

Satu lagi wisata air terjun di Yogyakarta yang patut Anda kunjungi; air terjun Kedung Kandang. Berada di daerah pedesaan di Gunung Butak, air terjun ini memiliki 6 tingkat dengan view hamparan sawah yang begitu menyejukkan mata.

Meski harus membutuhkan sedikit trekking untuk mencapai air terjun ini, namun perjalanan Anda dijamin tak akan bosan karena pemandangan di sepanjang perjalanan begitu menarik; perbukitan hijau, sungai dan juga persawahan.

Sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Yogyakarta dan menjelajahi keindahan alamnya? Anda bisa memilih naik travel jika menyukai perjalanan darat. Dengan adanya Tol Trans Jawa, jarak tempuh Jakarta-Yogyakarta kini lebih cepat. Pemandangan di sepanjang perjalanan juga tak kalah cantiknya.

Untuk perjalanan yang terasa lebih eksklusif, Anda bisa pilih naik travel Joglosemar bisa pesan di Traveloka secara online. Joglosemar menawarkan armada travel shuttle yang nyaman, dan premium dengan harga tiket yang terjangkau. Jadi, kapan Anda akan ke Yogyakarta?

 

 

(Abdul Hamid)