Pengungsi eks Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) melakukan aktifitas di Panti Sosial Bina Insan, Cipayung, Jakarta, Jumat (29/1/2016). Sebelum dikembalikan kedaerah asal, puluhan pengungsi eks Gafatar ini akan mendapat pembinaan mental dan psikis dari Dinas Sosial.

Bandung, Aktual.com – Sebanyak 301 mantan anggota ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) gelombang dua asal Jawa Barat akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Pengembalian dilakukan melalui kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Senin (8/2) pagi.

Ratusan anggota Gafatar ini dijemput pihak Dinsos dan Kesbang Linmas Kota/Kabupaten se Jawa Barat dengan didampingi kepolisian. Sebelumnya, mereka ditampung di Balai Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (BPSBR) Dinsos Provinsi Jabar untuk mendapat pembinaan.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Sulistio Pudjo Hartono mengatakan para mantan anggota Gafatar ini sebelumnya sudah mengikuti program ‘trauma healing’ selama kurang lebih satu minggu. “Selanjutnya mereka akan dipulangkan ke kampung halamannya di 16 Kota/Kabupaten di wilayah Jabar,” ujar dia, di Bandung, Senin (8/2).

Di kota/kabupaten asal, mereka juga akan kembali menerima pembinaan dan pendekatan secara kemanusiaan serta pengawasan oleh pihak Dinsos setempat.

Dituturkan dia, mantan anggota Gafatar yang akan dikirimkan ke Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang ternyata meminta dipulangkan ke Kota Bandung. “Penanggung jawab kegiatan langsung oleh Arifin Harun Kertasaputra selaku Kadinsos Provinsi Jawa Barat,” kata dia.

Berikut data eks Gafatar yang dipulangkan pada hari ini, atau gelombang kedua di Jawa Barat :

1. Kota Depok sebanyak 111 orang
2. Kab. Kuningan sebanyak 16 orang
3. Kab. Subang sebanyak 13 orang
4. Kab. Sukabumi sebanyak 9 orang
5. Kab. Ciamis sebanyak 1 orang
6. Kab. Tasik sebanyak 18 orang
7. Kota. Bekasi sebanyak 32 orang
8. Kab. Bekasi sebanyak 44 orang
9. Kab. Garut sebanyak 5 orang
10. Kab. Indramayu sebanyak 18 orang
11. Kota. Bandung sebanyak 12 orang
12. Kab. Bogor sebanyak 19 orang
13. Kota. Tasik sebanyak 2 orang
14. Kota. Bogor sebanyak 1 orang

()