Jakarta, aktual.com – Anggota PDI Perjuangan Puan Maharani dipastikan akan duduk sebagai ketua DPR RI periode 2019-2024 mendatang.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 mendapatkan hak atas jabatan ketua DPR RI berdasarkan Undang-Undang tentang MD3.

Dengan dilantiknya Puan Maharani, maka PDIP mencatatkan sejarah menempatkan perempuan pertama selama 74 tahun pimpinan dewan yang mayoritas dipimpian dari kaum Adam.

“Selama 74 tahun, tentunya akan menjadi pecah telur ada perempuan pertama yang menjadi ketua DPR,” kata Puan dalam konfrensi persnya, di Ruang Rapat Fraksi PDIP, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (1/10).

Kendati demikian, sambung Puan, dengan menenmpati posisi sebagai ketua DPR dapat memberikan inspiratif kepada seluruh perempuan di Indonesia bahwa ternyata politik bukan sesuai yang tabu untuk dikerjakan.

“Politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia ke depan,” paparnya.

“Jadi terkait hal- hal yang akan dilakukan pimpinan baru ke depan (termasuk mengubah citra DPR selama ini) tentu saja nanti setelah pelantikan baru bisa kami sampaikan,” pungkas Puan.

(Zaenal Arifin)