Semarang, Aktual.com – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyatakan perjalanan kereta api (KA) via Cirebon, yang sempat terhambat banjir di Cirebon sudah lancar kembali.

“Perjalanan KA dari maupun menuju Semarang melalui Cirebon sebelumnya harus memutar. Sekarang ini, sudah bisa dilalui,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Semarang, Sabtu (24/2).

Pola operasi memutar itu dilakukan karena banjir terjadi pada KM 185+500 sampai 186+600 antara Stasiun Tanjung-Losari sehingga membuat perjalananan KA mengalami keterlambatan.

Rute perjalanan KA semula melewati rute Cirebon-Brebes-Tegal, demikian sebaliknya. Akan tetapi, dengan pola operasi memutar menjadi Cirebon-Prupuk-Slawi-Tegal, demikian sebaliknya Ia menjelaskan bahwa pada hari Sabtu pukul 13.15 WIB sebenarnya jalur Stasiun Tanjung-Losari sudah bisa dilalui dengan pola operasi satu jalur dengan batas kecepatan 5 kilometer/jam.

Namun, kata dia, sekarang ini jalur tersebut sudah bisa dilalui KA dengan batas kecepatan maksimal 20 km/jam, terhitung mulai pukul 17.15 WIB untuk dua “track” sekaligus.