Medan, aktual.com – Jelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2020, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Medan dan petugas gabungan melakukan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di sejumlah rumah kos dan hotel melati yang diduga sering digunakan untuk praktik asusila.

Kabid Rehabilitas Dinas Sosial Kota Medan Fahrul Rozi Pane, Sabtu mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama Satpol PP Medan, TNI dan Polri ini untuk menciptakan kenyamanan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.
“Kami berharap, di penghujung tahun 2019 dan menyambut Tahun Baru dan Natal, kegiatan daripada Kota Medan ini agar berjalan dengan kondusif. Kita berharap kemajemukan dan pluralisme daripada masyarakat Kota Medan tetap terjaga kerukunannya,” katanya.
Ia menyebutkan, razia ini menyasar ke sejumlah hotel kelas melati yang berada di antaranya kawasan Jamin Ginting, Jalan Gatot Subroto, Selayang, dan kos-kosan di Jalan Dokter Mansyur.
“Lokasi yang kita razia seputaran Jalan Jamin Ginting, Selayang, kemudian Gatot Subroto, di Setia Budi, dan mungkin terus kita melakukan operasi dan juga berdasarkan laporan-laporan masyarakat. Dan kita pastikan di rumah kos-kosan yang disinyalir sebagai sarang ataupun tempat berlakunya tindak asusila,” ujarnya.
Fahrul menambahkan, untuk pasangan yang terjaring akan di data dan akan dipanggil pihak keluarganya,
“Kita data dulu, setelah itu kita panggil keluarga. Kalau ada yang benar-benar Want To Sell (WTS) akan kita kirim ke Brastagi untuk di rehabilitasi,” ujarnya. (Eko Priyanto)
(Zaenal Arifin)