Jayapura, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan membangun sejumlah homestay atau tempat penginapan di tempat-tempat pariwisata yang mulai berkembang di kabupaten ini dalam rangka mendukung perkembangan sektor wisata menjelang PON XX Papua.

“Untuk program kerja tahun ini di Dinas Pariwisata ada fisik dan nonfisik. Untuk program fisik kami akan membangun homestay di Rabang Muaif dan di Sawesuma,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo melalui laman daerah, Minggu (11/4).

Joko mengatakan pembangunan homestay tidak di dua tempat saja melainkan juga di beberapa tempat lainnya yang memiliki geliat pariwisata dan didukung dengan potensi alam yang ada.

Tujuan pembangunan fasilitas infrastruktur wisata itu, menurut Joko, agar Pemkab Jayapura bisa bekerja sama dengan masyarakat untuk menghasilkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Diakuinya, sejauh ini sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura belum banyak memberikan sumbangsih terkait dengan pendapatan asli daerah.

Padahal di satu sisi sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura, menurutnya, cukup berpotensi dan menyebar di sejumlah wilayah kabupaten ini.

Potensi pariwisata ini pada umumnya, lanjutnya, masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat pemilik ulayat.

Di satu sisi sebenarnya pemerintah juga sudah menghadirkan sejumlah fasilitas terutama gazebo atau homestay di tempat-tempat pariwisata untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata.

(Warto'i)