Jember, Aktual.com – Masyarakat Jember kembali berbangga. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diapresiasi positif oleh sejumlah kalangan.
Stan UMKM Pemerintah Kabupaten Jember kali ini mendapatkan penghargaan saat mengikuti Pameran Terpadu Batam Investrade Expo di Batam, Kepulauan Riau, pada 11 – 14 November lalu.

Bertempat di Mega Mall Batam Center, Pemerintah Kabupaten Jember melalui Bagian Perekonomian dan SDA bersama Dekranasda Kabupaten Jember menerima penghargaan secara langsung.

Tak tanggung-tanggung, bahkan Kabupaten Jember mendapatkan dua penghargaan. Yakni, Juara 1 kategori Stan Terbaik dan Stan Terfavorit.

Plt. Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Diana Manfaati bersyukur atas capaian tersebut. Tak cuma memaparkan sejumlah produk andalan Jember seperti kopi dan Batik Ecoprint, pihaknya juga berangkat dengan membawa sejumlah misi.

“Pertama, untuk memperkenalkan potensi daerah khususnya potensi UMKM dan pariwisata dengan mengajak stakeholder terkait,” paparnya. Mulai pemeran Jember Fashion Carnival (JFC), serta jajaran dekranasda, dinas koperasi, dan sejumlah UMKM Jember.

Diana Manfaati juga menyatakan bahwa produk yang menjadi idola di Batam adalah Batik Ecoprint dan kopi. “Alhasil, stan pameran Pemkab Jember paling ramai dan menjadi yang favorit,” ulasnya. Sebab, memiliki desain yang menarik, termasuk produk uniknya UMKM yang dipamerkan.

Pasca pemerolehan penghargaan, Diana Manfaati menegaskan bahwa ada dampak positif yang terjadi. “Dalam waktu dekat, akan ada dekranasda dari daerah lain yang bakal menggelar study tiru ke Dekranasda Kabupaten Jember,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)