Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan persoalan rakyat yang dihadapi saat ini harus menjadi fokus Prabowo Subianto untuk diselesaikan, apabila nanti menjadi Presiden 2019-2024.

“Kami sepakat bahwa persoalan yang dihadapi itu yang dijadikan prioritas pemerintahan akan datang untuk cepat mengatasinya,” kata SBY, usai bertemu dengan Prabowo, di Jakarta, Senin (30/7).

Dia menjelaskan dirinya dan Prabowo sudah berdiskusi panjang selama dua jam, berbicara dengan jernih dan terbuka untuk mengidentifikasi apa yang menjadi persoalan yang dihadapi rakyat terutama golongan tidak mampu yang jumlahnya mencapai 107 juta orang.

SBY mengaku telah mencermati berbagai hasil survei yang menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia mengalami kesulitan dan pendapatan pas-pasan, daya beli lemah, dan harga kebutuhan naik, sehingga kebijakan fiskal dan alokasi sumber daya harus diutamakan untuk masyarakat.

“Kami sering bertemu rakyat, mendengarkan suara ‘akar rumput’ ternyata sama kondisinya, karena itu visi misi tim Prabowo harus berorientasi pada itu semua,” ujarnya.

Selain itu, dia meminta agar pemerintahan ke depan tidak melupakan pentingnya menghidupkan nilai-nilai kebebasan dan demokrasi karena amanah reformasi, penegakan hukum dengan adil termasuk pemberantasan korupsi tanpa tebang pilih.

Selain itu, menurut dia, ke depannya sistem pertahanan dan keamanan harus ditingkatkan agar kedaulatan dilindungi, lalu dalam kancah internasional, Indonesia harus mengambil peran strategis khususnya di forum G-20.

“Namun dari itu semua, yang diutamakan adalah rakyat bukan hanya dari sisi material. Prabowo setuju kalau rakyat yang menghendaki itu maka kepemimpinan dan pemerintahan akan datang yaitu mengatasi persoalan tersebut,” katanya lagi.

Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo sosok cawapres, namun harus mendapatkan dukungan kuat dari rakyat dan diyakini mampu mengemban tugas dengan baik.

SBY juga meminta Prabowo untuk menyerahkan visi-misi sebagai persyaratan pendaftaran pasangan capres-cawapres isinya sederhana dan konkret namun yang penting bisa dilaksanakan dengan baik.

 

Ant.

()