Bandung, Aktual.com – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan Presiden Joko Widodo direncanakan meninjau langsung hari pertama proses uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac di Kota Bandung pada Selasa (11/8).
​​​​​​
Uji klinis vaksin COVID-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Terawan Agus Putranto mengatakan penyuntikan vaksin kepada relawan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu, ia meninjau secara langsung persiapan uji klinis vaksin itu sebelum kedatangan Presiden Jokowi.

“Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan, mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Terawan di RSP Unpad Jalan Eyckman Kota Bandung, Senin(10/8).

Sejauh ini 21 orang relawan sudah dilakukan tes usap sebagai syarat sebelum dilakukan penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu. Apabila semuanya dinyatakan negatif COVID-19 dan sudah sesuai dengan syarat, maka Selasa (11/8) mereka akan dilakukan penyuntikan.

Sebelum penyuntikan, ruang uji vaksin yang berada di lantai dua RSP Unpad itu sudah dilakukan sterilisasi sesuai dengan prosedur.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Dr Setiawan memastikan telah mengecek kondisi kesehatan para tenaga kesehatan yang akan membantu proses uji vaksin tersebut.

“Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” kata Setiawan.

Selain kunjungan ke RSP Unpad untuk meninjau proses vaksinasi, Presiden Jokowi juga direncanakan menyambangi PT Biofarma sebagai produsen vaksin yang berada di Jalan Pasteur, Kota Bandung.(Antara)

(Warto'i)