KTT ASEAN 2015 ke 27 di Kuala Lumpur (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com — Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur City Center (KLCC), Sabtu (21/11) pagi.

Jokowi yang mengenakan stelan jas warna hitam dengan dasi merah dan Ibu Negara memakai kebaya merah dan kain batik tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.45 waktu setempat.

Kehadiran Jokowi bersama istri disambut PM Malaysia Najib Rajak dan istri Rosmah Mansor dengan bersalaman. Setelah bersalaman dan berfoto, Jokowi dan istrinya menuju tempat yang telah ditentukan.

Serangkaian kegiatan akan diikuti oleh Jokowi dan istrinya pada hari pertama KTT ke-27 ASEAN pada hari Sabtu.

Pada pukul 09.00 waktu setempat Jokowi dan istrinya akan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-27 yang dilanjutkan dengan Pleno Pertemuan KTT ke-27 ASEAN.

Usai Pleno, menurut Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Jokowi menyaksikan penandatanganan ASEAN Convention Against Trafficking in Persons Especially Women And Children.

Pada siang harinya, Jokowi mengikuti KTT ke-18 ASEAN Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Pertemuan ini dihadiri PM RRT Li Keqiang dan akan membahas kerja sama ASEAN-RRT dan berbagai topik lainnya.

Satu jam kemudian, Jokowi menyaksikan Signing Ceremony of The Protocol To Amend The Framework Agreement on Comprehensive Economic Co-Operation Between ASEAN and The People’s Republic of China dilanjutkan dengan KTT ke-13 ASEAN India.

Pada sore harinya, Jokowi menghadiri KTT ke-18 ASEAN Plus Three (Republik Korea, Jepang, RRT). Dalam pertemuan ini, Presiden Republik Korea Park Geun-hye, PM Jepang Shinzo Abe dan PM RRT Li Keqiang.

Setelah itu, Jokowi menyaksikan Penandatanganan The Charter of The Establishment of Council of Palm Oil Producing Countries antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Malaysia dilanjutkan dengan pertemuan ASEAN Plus Three Leaders Interface With East Asia Business Council.

Pada pukul 17.30 WS Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Selandia Baru John Key. Kemudian Presiden mengikuti KTT Ke-3 ASEAN-Amerika Serikat.

Malam harinya, Presiden dan Ibu Negara menghadiri Gala Dinner oleh PM Malaysia Najib Razak beserta istri Rosmah Mansor. Semua kegiatan KTT ke-27 ASEAN dan KTT lainnya dilaksanakan di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Kuala Lumpur Malaysia.

()

(Wisnu)