Jakarta, Aktual.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masih mendapati ada warga yang belum mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino senilai Rp400 ribu saat kunjungan kerja ke Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi mengatakan proses transfer sedang dilakukan. Dia berjanji bantuan itu akan cair bulan ini.

“Ini yang ada di sini sudah terima BLT El Nino belum Rp400 ribu? Belum? Tunggu saja, bulan ini akan diterima,” kata Jokowi di Nagekeo seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Selasa (5/12).

Jokowi menuturkan ada beberapa hal yang masih harus diselesaikan. Salah satunya adalah data rekening penerima yang belum terdaftar.

Dia pun memerintahkan Bupati Nagekeo, NTT, Johanes Don Bosco Do untuk mengurus penyelesaian BLT El Nino Rp400 ribu di daerah tersebut. Jokowi ingin semua warga yang membutuhkan terdata.

“Ini yang baru ya? Ada yang baru, ada yang lama, nanti saya bicarakan dulu. Nanti biar Pak Bupati saja yang ngurus,” ucapnya.

Jokowi juga sempatt membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di kesempatan itu. Dia membagikan beras masing-masing dengan berat 10 kilogram kepada warga yang membutuhkan yang selama ini belum dapat bantuan.

“Ibu dan bapak semuanya, yang ke sini itu yang tambahan bukan yang reguler, nanti setelah Desember, Januari, Februari, Maret dapat lagi ya,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi meluncurkan bantuan langsung tunai dalam rangka menangani dampak El Nino. Bantuan ini diberikan untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bantuan senilai Rp200 ribu per bulan diberikan pada November dan Desember 2023. Dana Rp400 ribu ditransfer langsung ke penerima manfaat. Total anggaran untuk bantuan ini mencapai Rp7,52 triliun.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Ilyus Alfarizi
Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan