Ketua Umum KMD Aswin Ali Nasution (tengah)/Istimewa
Ketua Umum KMD Aswin Ali Nasution (tengah)/Istimewa

Jakarta, Aktual.com – Sayap organisasi Partai Demokrat, Kader Muda Demokrat (KMD) mendesak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mundur sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. KMD menganggap AHY tidak mampu memimpin Partai Demokrat dengan baik dan mengatasi krisis kepercayaan yang terjadi di dalam partai.

“Dengan hormat dan santun, kami meminta AHY mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat,” ujar Ketua Umum KMD Aswin Ali Nasution di bilangan Kuningan, Jakarta (25/2) siang.

KMD pun mengingatkan kongres luar biasa (KLB) sebagai solusi atau jalan keluar yang diatur dalam organisasi. KMD mendesak supaya semua pihak agar menaati mekanisme KLB sebagaimana diatur dalam AD/ART Partai Demokrat.

“Kalau terjadi krisis kepercayaan dan kepemimpinan di dalam partai, maka solusinya adalah KLB,” kata dia.

KMD pun merespon pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu malam. Aswin menilai pernyataan SBY terlalu berlebihan karena menganggap desakan permintaan KLB ini sebagai suatu kudeta.

KMD memastikan motif utama melaksanakan KLB agar Partai Demokrat tidak semakin hancur. Menurut KMD, partai Demokrat tidak boleh dikelola dengan salah dan tidak benar.

“Kami sebagai sayap Partai Demokrat tidak mau melihat partai hancur. Kami meminta semua DPC dan DPD untuk hadir pada acara KLB” tuturnya.

(A. Hilmi)