Tanjungpinang, Aktual.com – Kapal penumpang antarpulau yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, kembali beroperasi, setelah sempat berhenti beberapa waktu karena pandemi COVID-19, kata Kepala Seksi Lalu Lintas Laut, KSOP Kelas II Tanjungpinang Syamsul Nizar.

Syamsul di Tanjungpinang, Jumat (5/6), mengatakan bahwa para operator kapal penumpang antarpulau sudah mengajukan izin untuk beroperasi kembali, seperti tujuan Tanjungpinang-Karimun, Tanjungpinang-Tanjung Batu, Tanjungpinang-Lingga, dan Tanjungpinang-Batam.

“Pihak operator sudah mengajukan izin kapal beroperasi kembali mulai hari ini,” kata Syamsul.

Syamsul menuturkan kapal penumpang antarprovinsi seperti tujuan Dumai, Bengkalis, dan Selat Panjang yang sebelumnya sempat terhenti kini juga sudah mulai beroperasi.

Menurut dia, jadwal keberangkatan kapal penumpang ini berlangsung seperti jadwal sebelum pandemi COVID-19.

Syamsul memastikan seluruh armada tetap mengedepankan aturan sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Pihaknya juga telah meminta agen untuk menjaga dan menerapkan jaga jarak serta mewajibkan penumpang mengenakan masker.

“Untuk jumlah penumpang diperbolehkan separuh dari kapasitas kapal. Kalau mau ke sini cukup membawa kartu kuning, tapi untuk daerah lain seperti apa penerapan saya tak tahu, karena bukan wewenang kami,” katanya.

Menurut dia, jumlah penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sudah mulai meningkat dibanding saat awal COVID-19 mewabah di Tanjungpinang.

Bahkan, saat ini hampir mencapai 50 persen total penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

“Sekarang sudah mulai meningkat, biasanya tak sampai 1.000 penumpang per hari, kini sudah lebih. Tapi kalau normalnya rata-rata 2.500 penumpang dalam sehari, baik ke Batam maupun ke pulau-pulau lain,” tuturnya.

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)