ARUS BALIK TOL BATANG

Batang, Aktual.com – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono menyatakan idealnya jalur fungsional Pemalang, Batang, hingga Batang-Semarang dioperasinalkan untuk dilalui pemudik berkendara pada siang hari.

“Kendati demikian, kami akan melihat situasi sebagaimana seperti pada Lebaran tahun lalu, kami arahkan ke jalur pantura justru menunggu mengantre jalur tol fungsionalkan dibuka. Akan tetapi untuk dibuka pada malam hari pun juga tidak masalah,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Rabu (6/6).

Untuk mengatasi daerah di jalur tol fungsional yang masih minim penerangan, kata dia, Polda akan menyiagakan mobil patroli dengan kekuatan gabungan seperti Tentara Nasional Indoensia (TNI) dan menyalakan lampu “search and rescue” pada setiap 5 kilometer.

“Oleh karena itu. setiap 5 kilometer pemudik akan bertemu dengan petugas patroli yang bertugas pada pengamanan arus mudik Lebaran di jalur tol fungsional itu,” katanya.

Untuk wilayah Pemalang, Kabupaten Batang, dan Kendal merupakan titik jenuh atau titik lelah bagi pemudik berkendaraan. “Oleh karena, pemudik dimohon beristirahat karena pada setiap per 10 kilometer telah disiapkan rest area. Untuk tol fungsional maupun tol operasional sudah disiapkan rest area dan setiap 5 kilometer akan bertemu mobil patroli,” kata Kapolda Jateng yang didampingi Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga.