Jakarta, aktual.com – Pihak berwenang dari Arab Saudi yang bertanggung jawab atas manajemen tempat ibadah di kota Madinah telah memasang chip pada karpet Masjid Nabawi. Tujuannya adalah untuk memantau informasi terkait proses pembersihan setiap karpet yang terpasang di dalam masjid tersebut.

Setiap hari, karpet di masjid tersebut menjalani proses pembersihan yang meliputi sterilisasi dan penyemprotan wewangian.

Pemasangan chip pada setiap karpet juga dimaksudkan untuk memberikan informasi yang terperinci tentang lokasi karpet serta riwayat pembersihan, sterilisasi, dan penyemprotan wewangian yang telah dilakukan.

Dikutip dari Gulfnews pada Selasa (30/1), setiap karpet juga telah dilengkapi dengan QR Code. Saat kode QR dipindai, informasi seperti tanggal pembuatan karpet, penggunaan, lokasi, dan waktu pencucian akan ditampilkan.

Kota Madinah, tempat Masjid Nabawi berada, merupakan salah satu tujuan utama umat Muslim selain pergi ke Masjid Haram di Makkah. Selain mengunjungi Masjid Nabawi, mereka juga mengunjungi berbagai landmark lain di kota tersebut.

Masjid Nabawi sendiri dikunjungi oleh jutaan jamaah hampir setiap waktu. Otoritas Umum Urusan Masjid Nabawi melaporkan bahwa terdapat 6,3 juta jamaah yang mengunjungi masjid tersebut pada minggu lalu.

Tahun sebelumnya, lebih dari 280 juta umat Muslim melakukan ibadah di Masjid Nabawi. Masjid tersebut juga menjadi tempat makam Nabi Muhammad (SAW), yang dikenal sebagai Al Rawda Al Sharifa.

Pemerintah Arab Saudi memperkirakan bahwa sekitar 10 juta umat Muslim dari luar negeri akan melakukan ibadah umrah pada musim ini, yang sudah dimulai enam bulan yang lalu.

Pada tahun sebelumnya, sekitar 13,5 juta jamaah melaksanakan ibadah umrah. Angka ini diumumkan oleh Menteri Haji dan Umrah, Saud Tawfiq Al Rabiah.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan