Jakarta, Aktual.com – Pemerintah diminta untuk menuntaskan kisruh proyek pembangunan Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara antara PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dengan PT Karya Citra Nusantara (KCN). Karena, Pelabuhan Marunda sudah menjadi proyek strategis nasional sesuai nawacita Jokowi.

Direktur Utama PT Karya Citra Nasional (KCN), Widodo Setiadi memaklumi kesibukan Presiden Jokowi. Akan tetapi, Widodo berharap Presiden Jokowi dapat meluangkan waktunya untuk meninjau langsung proyek pembangunan Pelabuhan Marunda.

“Beliau kan sangat sibuk. Mudah-mudahan kalau beliau melihat ini sebagai bagian proyek strategis nasional yang belum jalan, semoga beliau berkenan hadir untuk melihat sebenarnya masalahnya apa,” kata Widodo di Hotel Borobudur, Rabu (21/8).

Menurut dia, sebenarnya Presiden Jokowi sudah sempat ingin melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 2017. Namun, akhirnya Presiden Jokowi tidak jadi melakukan groundbreaking karena terjadi sengketa.

“Jadi Sekretariat Negara sampai mengirim surat ke KCN, ini kementerian ada yang minta tetap dilakukan groundbreaking, tapi ada kementerian yang minta ditunda groundbreakingnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini proyek pembangunan Pelabuhan Marunda sedang dalam proses hukum, yakni tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA). Namun, KCN tetap konsisten menyelesaikan seluruh pembangunan pelabuhan meski sedang menghadapi persoalan hukum.

(Abdul Hamid)