Jakarta, Aktual.com – Putri Presiden Amerika Serikat Donald Trumph, Ivanka Trumph, nampak menggantikan posisi sang ayah dalam beberapa sesi saat KTT G20 di Hamburg, Jerman, berjalan. Wanita muda itu nampak menggantikan Donald saat pertemuan tertutup digelar.

Keberadaan Ivanka lantas menuai kritik, seperti disampaikan perwakilan Partai Demokrat dari negara bagian, California, Ted Lieu, yang bertugas di Komite Urusan Luar Negeri Kongres AS.

“Jika anak saya dapat duduk di kursi saya pada pertemuan Komite Urusan Luar Negeri Kongres AS berikutnya,” ujar Ted seperti dikutip dari New York Times, Minggu (9/7).

Ada juga sindiran dari seorang ahli strategi. Dari Partai Republik, Ana Navarro. Katanya, dia lebih memilih Ivanka yang jadi presiden AS ketimbang Donald.

Ivanka sendiri memang terlihat duduk di kursi Donald dalam partai puncak KTT G20. Pengusaha muda itu menggantikan sang ayah tak hanya dalam pertemuan tertutup, tetapi juga saat sesi bertajuk ‘Kemitraan dengan Afrika, Migrasi dan Kesehatan’ berlangsung.

Meski begitu, berbagai kritikan tersebut justru mendapat respon dari kakak Ivanka, Donald Trumph Jr. Menurut dia, adiknya memang pantas berada di lingkaran petinggi KTT G20.

“Dia sangat pintar dan fasih. Anda bisa meremehkan semua yang ada inginkan, tapi kita semua tahu,” ucap Donald Jr.

Laporan: M Zhacky Kusumo

()

(Andy Abdul Hamid)