Makasar, Aktual.com — Persatuan Renang Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan selaku penyelenggara menetapkan untuk kejuaraan renang lintas laut se-ASEAN dilaksanakan di Makassar, Sulsel, 1 November 2015.

Ketua Harian PRSI Sulsel, Abdul Muin di Makassar, Senin (10/8), mengatakan, bahwa penentuan jadwal tersebut berdasarkan hasil pertemuan antara Ketua PRSI Sulsel Unggul Attas dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

“Kita telah sepakati untuk melaksanakan pada 1 November nanti. Untuk saat ini kita telah menyusun kepanitian demi kelancaran dan kesuksesan kejuaraan internasional ini,” katanya.

Selain penentuan waktu pelaksanaan, pihaknya juga memutuskan untuk pelaksanaan nanti akan mempertandingkan dua kategori masing-masing renang terbuka 10 kilometer (khusus atlet) dan renang rakyat yang diperuntukkan bagi kalangan TNI/Polri, Mahasiswa, pelajar, dan usia dibawah 12 tahun serta umum.

Khusus untuk renang lintas laut se-ASEAN, pihaknya telah meminta bantuan PB PRSI untuk menyebarkan undangan ke berbagai negara di Asia Tenggara dan pengprov PRSI di seluruh daerah di Indonesia.

Pihaknya juga optimistis bisa mendatangkan banyak peserta mengingat kejuaraan yang lebih unik dan lebih menantang serta jarak yang lebih jauh.

“Kejuaraan lintas laut ini memang butuh energi ekstra untuk bisa melaluinya. Intinya setiap daerah yang berencana ikut sudah sepatutnya mempersiapkan diri lebih maksimal. Apalagi jarak lomba nanti memang cukup jauh,” katanya.

Sementara itu, PB PRSI juga mendukung penuh dan menyambut positif agenda kejuaraan renang lintas laut se-ASEAN dalam rangka HUT Kota Makassar dan HUT Semen Tonasa tersebut.

“Kami tentu akan mengundang sejumlah negara dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Fietnam, hingga Myanmar. Kejuaraan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kota Makassar yang ke-408,” ujarnya.

Kejuaraan renang lintas laut itu pada dasarnya bukan yang pertama. Pihaknya bersama Pemkot Makassar juga telah menggelar ajang serupa pada 2014 meski dengana skala lokal.

Adapun untuk pelaksanaan 2014, pihak penyelenggara mengambil rute dari Pulau Lae-lae ke Makassar, Sulsel, dan finis di Pantai Losari. Untuk pesertanya sendiri berasal dari berbagai instansi dan perkumpulan termasuk dari kalangan TNI.

“Kejuaraan renang menyambut HUT Makassar sudah kita laksanakan 2014 meskipun saat itu baru sebagai ajang lokal. Untuk tahun ini tentu jauh lebih besar karena kita akan mengundang atlet dari sejumlah negara ASEAN,” katanya.

()

()