Jember, Aktual.com – Pasca Pandemi Covid-19 saat ini, banyak sektor – sektor yang terdampak, seperti perekonomian, sosial budaya dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan kondisi saat ini, Kementerian PUPR Bersama Kelurahan Kepatihan menyalurkan bantuan Cash For Work atau Padat Karya Tunai sebagai upaya mitigasi terhadap COVID-19 dengan memberikan penghasilan tambahan untuk kelompok berpenghasilan rendah.

Pemberian Bantuan Ini berlangsung di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Jember pada, Kamis (02/12).

Menurut Lurah Kepatihan Andong Suroso, bahwa Bantuan CFW ini adalah program pusat yang diperuntukkan untuk beberapa kelurahan di Jember, yang khususnya kelurahan Kepatihan.

“Kaitan dengan Cash For Work ini meliputi pemberdayaan masyarakat, yang mana diantaranya pavingasisasi dan juga saluran irigasi dan lain – lainnya,” ujar Lurah Kepatihan.

Di kelurahan Kepatihan sendiri, mendapatkan 6 titik bantuan program pusat tersebut.

Lanjut ia menjelaskan, bahwa Salah satu tujuan kegiatan CFW adalah memberikan bantuan tunai dalam bentuk Upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid -19 yang mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dan masyarakat yang mengalami penurunan/kehilangan pendapatan.

“Selain itu, di harapkan terpeliharanya aset infrastruktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun program KOTAKU maupun program IBM lain melalui swakelola masyarakat (BKM/LKM),” jelas Lurah Kepatihan.

“Adapun Tujuan dari Program Padat Karya yaitu untuk mengurangi pengangguran, masyarakat miskin, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas dan kwantitas pembedayaan masyarakat, mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, perempuan, anak, dan kelompok marginal kepada pelayanan dasar dengan berdasar dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Ia berharap dengan bantuan program dari pusat ini, untuk dipelihara serta di jaga, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakatnya dan semoga bantuan seperti ini, pihaknya bisa mendapatkan kembali.

“Harapannya tentunya kami ada tugas dan harapan, tugasnya kita adalah menjaga supaya apa yang sudah diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat bisa dijaga dengan baik serta dipelihara dengan baik. Sehingga, bermanfaat buat warga kami dan kedepannya jika kami dinilai baik dalam program ini, kami harap dapatkan kembali bantuan yang sama seperti ini,” tutupnya.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)