Fadli Zon

Jakarta, Aktual.Com- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menghimbau pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang di gelar di Kota Ambon agar seluruh insan pers di Indonesia kembali memperhatikan posisinya terutama di era demokrasi saat ini.

“Di tengah peringatan Hari Pers Nasional ini saya ingin mengajak insan pers untuk memperhatikan kembali posisinya. Hanya dengan kerja jurnalistik yang obyektif dan bertanggung jawab maka kita bisa mengimpikan iklim demokrasi yang sehat,” kata Fadli dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Diakui Fadli di tengah berkembangnya konglomerasi media yang membuat kepemilikan media jadi terkonsentrasi hanya di beberapa gelintir pemodal, telah membuat pers nasional kesulitan menjalankan fungsinya sebagai salah satu pilar demokrasi.

Bahkan, sambung politikus Gerindra ini, kesulitan itu semakin bertambah besar manakala para pemilik media kemudian juga ikut terjun ke kancah politik secara langsung. Tak heran, kata dia, meskipun hari ini secara resmi sebenarnya tidak ada lagi koran atau media partai, sebagaimana yang pernah berkembang pada tahun 1950-an, kita mendapati bahwa media-media kita justru terlihat makin partisan.

“Karena itu, terlalu intim dengan kekuasaan bisa membuat pers kehilangan fungsi kontrolnya. Jadi, di era ketika kebebasan berpendapat tidak lagi merupakan persoalan di Indonesia, kita justru melihat jika tantangan pers malah semakin berat,” tandas dia.

Pewarta : Novrizal Sikumbang

(Bawaan Situs)