Petugas menggendong seorang jemaah calon haji menaiki pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (9/8). Sebanyak 450 calon jamaah haji dan lima petugas haji Embarkasi Sultan Hasanuddin diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda GA 1101 menuju Jedah, Arab Saudi, dimana penerbangan tersebut sempat delay selama enam jam karena mengalami masalah teknis pada pesawat. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/aww/16.

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Agama Indonesia bersiap menggelar seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada Desember 2023, sebagai langkah awal persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga pusat, melibatkan tiga jenis petugas haji.

Arsad menjelaskan ada tiga jenis petugas haji yang akan disiapkan. Pertama, petugas yang menyertai jamaah atau yang disebut dengan PPIH Kelompok Terbang (Kloter).

Kedua, petugas yang tidak menyertai jamaah calon haji atau yang disebut PPIH Arab Saudi (non kloter). Ketiga, petugas pendukung PPIH.

“Proses seleksi ini akan digelar mulai akhir tahun dan diharapkan pada awal tahun 2024 sudah diperoleh daftar nama yang akan bertugas pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H,” katanya.

“Proses seleksi petugas akan digelar secara berjenjang, dari tingkat Kemenag kabupaten/kota hingga pusat,” ujar Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat di Jakarta, Rabu (29/11).

Arsad menjelaskan bahwa seleksi dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara, dengan fokus mencari calon petugas yang memiliki integritas dan kompetensi.

Sebelumnya, Kementerian Agama telah mengirim tim pengadaan akomodasi dan katering ke Arab Saudi untuk mempersiapkan hotel dan konsumsi menyambut musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi. Tim tersebut juga akan mengurus pengadaan layanan transportasi, termasuk layanan dari bandara Madinah ke hotel di Madinah, bus antar kota dari Madinah ke Mekkah, layanan dari bandara Jeddah ke hotel di Mekkah, dan layanan bus salawat.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan