Dalam Rakornas Program Subsidi Pangan/Rastra yang dihadiri para Kadinsos seluruh Indonesia untuk membahas program subsidi beras bagi Masyarakat Berpendapatkan Rendah (Subsidi Rastra) merupakan salah satu program perlindungan sosial pemerintah dengan memberikan bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan).

Surabaya, Aktual.com – Kementerian Sosial kirimkan mobil dapur umum lapangan ke lokasi gempa di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansah mengatakan mobil itu sudah dikirim ke Mentawai Kamis (3/3) pagi. Sekaligus memberangkatkan 32 Tim Siaga Bencana (Tagana) dari 82 anggota tim Tagana di Sumatra barat.

Kemensos juga mengirimkan berupa beras. “Beras sudah kita kirim juga. Tapi kalau memang masih kurang, kami berharap agar bupati setempat segera membuat SK darurat, agar pemerintah bisa mengeluarkan cadangan beras nasional hingga 100 ton,” kata dia, di Surabaya, Kamis (3/3).

Khofifah yakin mobil tersebut berguna bantu masyarakat menyediakan makanan ketika dalam kondisi darurat.¬†“Jadi kementerian sosial sudah mengirim mobil Dumlap. Dan itu sangat berguna bagi korban gempa di sana.” kata Khofifah saat berkunjung ke Gubernur Jatim, Soekarwo, di gedung negara Grahadi, Surabaya, (3/3)

Di Sumatera, masih kata Khofifah, Kementerian Sosial sudah memiliki lumbung beras yang ada di Palembang. Beras cadangan tersebut sewaktu-waktu bisa disalurkan ke daerah bencana. Sementara dalam kontek bencana gempa di Mentawai, kementerian sosial hanya berpatokan pada faktor darurat.

()