Menjelang Hari Raya Idul Adha Dzulhijjah 1438 penjualan hewan kurban meningkat, harga hewan qurban sapi yang berasal dari peternakan Magetan dijual berkisar dari harga Rp 17.000.000 hingga Rp 29.000.000 sedangkan untuk harga kambing berkisar dari harga Rp 2.500.000 hingga Rp 4.500.000. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian terus melakukan pengawasan demi mencegah hewan ternak yang dijual dengan harga murah setelah letusan Gunung Agung, Karangasem, Bali.

Berdasarkan laporan dari beberapa lokasi kandang penampungan, ada sebanyak 35 ternak yang terjual. Penjualan ternak tersebut bukan karena pemilik panik, namun karena warga memerlukan uang untuk bekal persiapan mengungsi.

“Penjualan ternak yang dilakukan pengungsi juga dikawal petugas pendamping di lapangan dengan harga yang wajar,” kata Ketua Satgas PKH, I Ketut Gede Nata Kesume melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (2/12).

Nata menjelaskan 35 ternak yang dijual tersebut yakni jantan bakalan dan pedet betina. Petugas di lapangan mengawal agar penjualan ternak tidak merugikan pemilik karena harga yang terlalu murah.

Ia memaparkan harga pedet betina per ekor rata-rata Rp5 juta sampai Rp6 juta, pedet jantan Rp6 juta sampai Rp7 juta dan betina dewasa Rp8 juta sampai Rp10 juta per ekor.

(Andy AbdulHamid)