Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjalani sidang lanjutan dugaan penistaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (24/1). Pengadilan Negeri Jakarta Utara menggelar sidang kasus penistaan agama oleh Ahok dengan agenda mendengarkan lima keterangan saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum. Foto/aktual.com-Pool/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Salah satu tim kuasa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai adanya upaya mengarahkan saksi-saksi dalam persidangan kasus dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. kesamaan dua saksi pelapor yang diperiksa pada sidang ketujuh kasus penistaan agama

Hal itu didasarkan dua saksi yang dihadirkan dalam persidangan ketujuh, Selasa (24/1). Dimana dua saksi menggunakan sepatu yang sama.

“Kita perhatikan sepatu mereka, ternyata sama persis. Merek yang digunakan Kickers,” kata Josefina Agatha Syukur usai sidang di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Dua saksi dimaksud adalah Muhammad Asroi Saputra dan Iman Sudirman. Berdasarkan kesamaan sepatu yang dikenakan, Fina menduga adanya upaya yang mengarahkan saksi-saksi pelapor untuk menjegal kliennya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

“Pak Ahok bilang ini keajaiban dunia,” imbuhnya.

Selain kesamaan sepatu, Fina juga menyebutkan pernyataan kedua saksi pelapor dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang tidak berbeda satu sama lain, dari titik hingga koma. Padahal keduanya melaporkan kasus ini di kota yang berbeda pulau.

“Jadi ada yang mengarahkan saksi-saksi untuk memberi keterangan yang sama,” tanya dia.

(Teuku Wildan)

()