Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Tito Karnavian (kiri) berjabat tangan dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (kanan) seusai rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/6). Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/16.

Jakarta- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mendukung pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri yang diusulkan Presiden Joko Widodo.

“Beliau sangat berkompeten dan layak institusi Polri ke depan, mudah-mudahan dengan dukungan seluruh unsur Polri yang ada termasuk para senior-senior melaksanakan tugas yang berat, karena tugas menjadi Kapolri itu berat,” kata Budi di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (16/6) usai rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

Ia mengatakan semua kalangan di internal kepolisian melihat mantan Kapolda Metro Jaya itu memiliki kemampuan yang baik dan juga dekat dengan berbagai kalangan di institusi tersebut.

“Kita lihat sendiri bagaimana Pak Tito menjadi Kapolda Papua dan saya perhatikan di Papua, juga beliau melaksanakan tugas sebagai Kapolda Metro melaksanakan dengan baik, ukurannya sudah jelas,” paparnya.

Budi Waseso tidak melihat Tito Karnavian akan menghadapi masalah terkait senioritas di jajaran kepolisian.

Baginya, siapapun bisa menduduki jabatan tanpa memandang senioritas sepanjang memiliki kemampuan dan integritas.

“Regerasi tidak ada urusan panjang dan pendek atau adanya percepatan, yang penting tujuannya bagi kebaikan organisasi,” kata Budi.

Ia menambahkan,”junior senior tidak ada, itu kehidupan di pendidikan dulu, kala sudah tugas bagaimana amanah yang diberikan bisa dilakukan sebaik mungkin.” Mantan Kabareskrim itu mengatakan, ketika Presiden sebagai pemimpin tertinggi sudah memutuskan maka semua jajaran kepolisian tentu akan menghormatinya.

“Saat ini tidak ada masalah kita hormati dan loyal pada presiden, presiden sudah tentukan pilihannya dan itu yang terbaik diantara yang terbaik. Pak tito sudah punya kemampuan itu,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden melalui Mensesneg menyerahkan surat kepada Ketua DPR RI mengenai pencalonan Komjen (Pol) Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada Juli mendatang.

Dalam kesempatan yang terpisah, Tito Karnavian di Gedung DPR RI, Kamis mengatakan kesiapannya sebagai calon Kapolri sesuai penugasan yang diberikan Presiden.

Namun demikian ia mengatakan masih ada proses politik yang akan dijalani dan mempersiapkan target pencapaian serta rencana kerja tugasnya mendatang.

()