Ferdinand Hutahean menyebut pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla tidak berpihak kepada rakyat Indonesia. (ilustrasi/aktual.com)
Ferdinand Hutahean menyebut pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla tidak berpihak kepada rakyat Indonesia. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Mantan Relawan Jokowi di Pilpres 2014, Ferdinand Hutahaean mengatakan setidaknya ada dua persoalan yang sangat serius hingga dapat mengubah situasi politik nasional menuju pada perpecahan keutuhan negara dan persatuan ditengah rakyat.

Dua beban berat itu tengah dipikul Presiden Jokowi sebagai ujian untuk segera diselesaikan, yakni kasus Ahok dan pembubaran HTI (Hisbuth Tahrir Indonesia) yang keduanya berkaitan dengan hal yang fundamental atau setidak tidaknya dikaitkan menjadi fundamental, yaitu isu Agama.

“Kasus Ahok distigmakan sebagai gangguan terhadap kebinekaan dan pembubaran HTI diopinikan sebagai pemberangusan kebebasan berorganisasi serta ketidak adilan bagi Islam,” kata Ferdinand dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (10/5).

“Indonesia bisa menjadi seperti negara-negara di Timur Tengah yang hancur luluh lantah karena konflik Agama jika ini terbiarkan atau ditangani dengan cara yang salah,” tambahnya.

Menurut dia, dua hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, akurat, terukur dan bijaksana, karena dampaknya adalah perpecahan bangsa, perpecahan keutuhan negara dan perpecahan ditengah rakyat. Melihat kasus penodaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama tentu tidak akan sebesar sekarang dampaknya andai dari awal ditangani secara benar, adil dan tidak mengusik rasa keadilan rakyat serta tidak mengusik keyakinan yang di imani oleh setiap orang.

(Ismed Eka Kusuma)