Gubernur Bank Indonesia menerima kunjungan Presiden Finlandia

Jakarta, Aktual.com — Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta kepada Presiden Finlandia, Sauli Niinisto untuk mendorong akses kemudahan kerjasama antar perbankan. Hal ini sebagai upaya meningkatkan perdagangan antara Indonesia dengan Finlandia.

“Kami menyampaikan kepada Presiden Finland, upaya untuk meningkatkan perdagangan, saya meminta dukungan kepadanya, bahwa kita akan kerja sama antara BI dengan Bank of Finland,” kata Agus setelah menerima kunjungan Presiden Sauli Niinisto di Jakarta, Rabu (4/11).

Agus menjelaskan bahwa BI merupakan Bank yang independen sehingga mampu mengelola secara fokus moneter dengan demikian dapat menjaga inflasi. Sehingga kata dia Presiden Finlandia menjanjikan untuk mendorong kerjasama antara Bank of Finland dengan BI

Selain itu katanya, bahwa Indonesia memiliki Undang-Undang Keuangan Negara yang tidak memperkenankan defisit transaksi berjalan lebih dari 3 persen.

“Sejak 14 tahun terakhir, Indonesia tidak pernah mengalami defisit lebih dari 2,4 persen, kita punya defisit, kalaupun ada tidak lebih dari 2,4 persen,” terang Agus.

Agus juga menceritakan, dalam perbincangannya dengan Presiden Finlandia, ia menyinggung nilai tukar Rupiah yang lebih fleksibel. Namun ia meyakini bahwa Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang cukup kuat.

(Arbie Marwan)