‎Jakarta, Aktual.com — Perdebatan antara Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dan Menteri ESDM Sudirman Said terkait blok Masela membuat Ketua DPD RI Irman Gusman juga angkat bicara.

Irman mengatakan pemerintah harus cepat mengambil keputusan terkait pengelolaan tambang minyak di daerah Maluku Selatan itu. Sebab, masyarakat telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah sebagai pemegang otoritas kebijakan.

“Pemerintah yang punya instrumen apakah Menteri ESDM atau Menko Maritim yang punya otoritas atau SKK migas. Kita percayakan mereka cari yang terbaik. Tapi yang penting laksanakan, cepat ambil keputusan apalagi ekonomi global seperti sekarang. Kita tidak ingin hilang kesempatan karena kurang cepat kita ambil putusan,” ujar Irman di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (4/3).

“Tapi papun yang diambil harus untungkan kepentingan rakyat,” sambung dia.

Sementara, kata Irman, perwakilan daerah maupun perwakilan rakyat juga masih menunggu keputusan pemerintah. Apakah, blok Masela akan menggunakan skema “onshore” atau “offshore”. Pasalnya, pemerintah daerah pun tak memiliki instrumen pengambil kebijakan.

“Enggak bisa. Kan kita enggak punya instrumen. Yang penting bisa beri manfaat. Buat kami cepat putuskan tuntaskan,” tandasnya.

()