Jakarta, Aktual.co — Penyelenggara Pemilu di daerah agar tidak menjadi sumber konflik dalam Pilkada serentak 2015 mendatang. Hal itu disampaikan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik.
Dikatakannya, soal pengelolaan konflik, KPU menekankan kepada seluruh penyelenggara pemilu di daerah agar mereka tidak menjadi sumber konfik. (Baca: Ini Syarat Pencalonan dalam Pilkada Serentak
“Ini kata kuncinya. Kenapa? Karena pada dasarnya tanpa pilkada pun masyarakat punya potensi konflik setempat. Apakah faktor ekonomi, sosial, atau faktor politik,” katanya, saat berbicara di acara Talkshow, TVRI, Selasa (3/6).
Husni Kamil Malik yakin bahwa semua proses pilkada serentak dapat berlangsung lancar, jika penyelenggara pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.
“Kalau itu terjadi (bertanggumg jawab), Insya Allah semua proses ini (pilkada) bisa dipercaya,” papar Husni.
Selain bertanggung jawab kepada tugas dan fungsi, koordinasi menjadi fokus lain yang perlu diperhatikan oleh KPU dan KPU daerah. Dengan koordinasi, menurutnya pendistribusian tanggung jawab dapat berjalan dengan baik.
“Bagi kami yang paling penting adalah koordinasi antar lini. Di pusat bisa jalan, daerah juga bisa jalan. Kalau itu bisa berjalan, pembebanan tanggung jawab ini bisa terdistribusi. Semua berjalan sesuai dengan amanat undang-undang. Itu sudah sangat meringankan kami (KPU),” demikian Husni seperti dilansir dari laman kpu.go.id.

()