Jakarta, aktual.com — Pernyataan Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer alias Noel yang menyebutkan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) hanya berbicara keuntungan dan cuan ketika berbicara mengenai pembahasan cost structure ditanggapi oleh sesama Relawan. Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (BaraNusa) Adi Kurniawan menyebutkan Noel tidak sepantasnya berkata demikian.

“Apa yang dikatakan Noel tidak mencerminkan pemahaman yang baik mengenai jasa penempatan pekerja migran Indonesia,” ungkap Adi kepada awak media di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Menurut Adi, Apjati adalah asosiasi yang menaungi para perusahaan yang bergerak di bidang pekerja migran Indonesia yang bersifat nirlaba. “Apjati itu hanya asosiasi perusahaan, sifatnya nirlaba dan tidak berbisnis,” ucapnya.

Adi secara lugas mengakui mengikuti perkembangan antara Apjati dan BP2MI belakangan ini. hal tersebut menurutnya  dikarenakan Apjati berjuang agar pekerja migran Indonesia (PMI) tidak diberikan biaya tambahan apapun.

“Apa yang saya ikuti beberapa bulan belakangan ini, Apjati justru berdiri paling depan dalam menghilangkan biaya dan pembebasan asuransi diluar BPJS yang sempat disahkan oleh Benny Ramdhani selaku Kepala BP2MI,” pungkas Adi.

(Zaenal Arifin)