Jakarta, Aktual.com – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia turut berbelasungkawa atas wafatnya KH Hasyim Muzadi.

Komnas HAM yang menggelar Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (16/3) pagi ini, pun sempat meminta seluruh peserta yang hadir untuk mengheningkan cipta bagi KH Hasyim.

“Telah meninggal anak bangsa yang juga tokoh yang memperjuangkan pluralisme Indonesia. Komnas HAM mengucapkan duka sedalam-dalamnya dan sejenak mari kita mengheningkan cipta,” ujar Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat di sela-sela acara.

Hadir dalam acara ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, para aktivis dan korban pelanggaran HAM. Setelah mengheningkan cipta selama sekitar 15 detik, acara pun dilanjutkan kembali.

KH Hasyim Muzadi wafat di kediamannya di Pondok Pesantren Al Hikam di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3) pagi, sekitar pukul 06.15 WIB.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam 2 di Depok, Jawa Barat.

Sebelum diterbangkan ke Depok, KH Hasyim Muzadi terlebih dahulu akan dishalatkan di Masjid Al Ghozali yang ada di komplek Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang.

KH Hasyim Muzadi sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang, sebelum meninggal dunia.

Nailin In Saroh

(Arbie Marwan)