Jakarta, Aktual.co — “Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim” merupakan bunyi dari salawat kita kepada Nabi Muhammad SAW. Jika kita membacakan salawat tersebut tandanya kita sedang memberikan pujian kita kepada Rasulullah SAW.

Salawat memang baik diucapkan disela-sela kita di waktu senggang atau setalah menjalankan lima waktu. Namun, membaca salawat ada baiknya jika dilakukan pada hari jumat. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda :

“Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Beberapa keutamaan bershalawat pada hari Jumat yang dikutip dari buku berjudul “Afdhalush Shalawaat ‘Alaa Sayyidis Syahadat” karangan Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhan, :
1. Jika bershalawat satu kali pada hari Jumat, maka Allah SWT bersalawat untuknya sepuluh kali. Maksud Allah SWT bersalawat kepada Nabi SAW adalah dengan memberi rahmat-Nya untuk manusia yang bersalawat.

2. “Perbanyaklah membacakan shalat untukku pada hari dan malam Jumat. Barangsiapa membacakan shalawat untukku satu kali, maka Allah SWT akan bershalawat untuknya sepuluh kali.”

3. Mengucapkan shalawat pada hari Jumat juga menjadi lebih utama karena disaksikan oleh malaikat dan malaikat akan bersalawat 10 kali kepada mereka yang membacanya.

Bersalawatnya malaikat kepada Nabi SAW sama halnya dengan memintakan ampunan untuk manusia tersebut. Dari Abdullah bin Amru bin Ash RA bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda,

“Jika kalian mendengar adzan oleh muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan, kemudian bacalah shalawat untukku. Sesungguhnya barangsiapa mengucapkan satu kali shalawat kepadaku niscaya Allah mengucapkan shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Ahmad)

4. Siapa yang paling banyak bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat, maka akan dekat kedudukannya dengan Nabi SAW di Yaumil Mahsyar kelak.

5. Memperbanyak membaca shalawat pada hari dan malam jumat, maka Nabi Muhammad akan menjadi saksi dan penolongnya pada hari kiamat.

6. Memperbanyak shalawat pada hari Jumat sebanyak seribu kali, maka ia tidak akan mati sebelum melihat surga sebagai tempat tinggalnya.

7. Barangsiapa membacakan shalawat untukku pada hari jumat, maka shalawat itu akan menjadi syafaat baginya besok di hari kiamat.

8. Siapa yang salat Ashar pada hari Jumat, kemudian sebelum berdiri meninggalkan shalatnya membaca “Allaahumma Shalli ‘Alaa Muhammad An-Nabiyyil Ummiyyi wa ‘Alaa Alihi wa Shahbihi Wa Sallim Tasliiman Katsiira” sebanyak delapan puluh kali, maka dosa-dosanya selama delapan puluh tahun akan diampuni dan akan dituliskan pahala ibadah selama delapan puluh tahun untuknya.”

9. Pada hari Jumat Malaikat yang diciptakan dari cahaya akan turun ke bumi, Tangan-tangan mereka memegang pena yang terbuat dari emas dan lembaran-lembaran kertas terbuat dari cahaya. Mereka tidak menulis kecuali salawat untuk nabi Muhammad SAW.

Demikian beberapa ulasan mengenai baiknya bershalawat dihari Jumat semoga menjadi manfaat yang baik dalam kehidupan kita.

()