Jakarta, Aktual.com – Tak dapat dipungkiri, kontribusi para pemimpin perempuan di berbagai perusahaan BUMN dan Swasta di Indonesia sangat positif dalam pengembangan ekonomi dan industri tanah air.

Salah satu kontribusi tersebut, berupa kemampuan dan pengetahuan (transfer skills and knowledge), serta persepsi tentang gender kepada para calon pemimpin masa depan Indonesia.

Untuk itu, Warta Ekonomi Books menerbitkan buku “Portraits of Indonesia’s Most Impactful Women Leaders 2019” sebagai bentuk penghargaan kepada para CEO Perempuan di perusahaan BUMN dan perusahaan Swasta yang telah memberi kontribusi positif bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

Menurut Komisaris Utama Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, perjalanan seorang perempuan menjadi pimpinan perusahaan tentu bukan perkara mudah, selain tuntutan dunia usaha yang berubah sangat cepat (disrupsi), juga persepsi tentang gender masih membayangi kiprah para perempuan.

“Buku ini sangat berharga karena pembaca dapat memetik pelajaran dari perjalanan karir dan tantangan para pemimpin perempuan yang sukses mengembangkan profesi dan bisnisnya,” tandas Fadel saat peluncuran buku “Women Leaders 2019” itu di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (19/6).

Apalagi, la juta dia, latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam semakin memperkaya khazanah pengetahuan dan capaian yang ditorehkannya itu.

Perjalanan karir mereka, disebutkan Fadel, telah memperlihatkan proses menghasilkan seorang pemimpin yang kompeten yang tidaklah instan, akan tetapi memerlukan proses pembelajaran yang panjang, kerja keras, dan kecerdasan.

Maka dari itu, sebagai penerbit, kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat dan menginspirasi para pembaca, sehingga kelak tercipta pemimpin-pemimpin perempuan Indonesia di berbagai bidang yang tidak hanya berjaya di dalam negeri, namun di kancah global serta membawa kebanggaan bagi bangsa.

“Ini sangat menarik karena tak hanya memuat prestasi yang diraih mereka, tapi juga nilai-nilai (values) humanis dan perspektif para pemimpin perempuan itu dalam budaya bangsa Indonesia dan budaya global. Di situlah salah satu keunikan dari buku ini,” jelas dia.

Pasalnya, Fadel melanjutkan, seorang pemimpin perempuan harus bisa menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan kondisi lingkungan yang ada. Beragam contoh gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk mengatasi banyak tantangan yang dihadapinya dipaparkan di buku itu.

‘Women Leaders 2019″ menyajikan 16 pemimpin perempuan berdasar seleksi dan analisa yang cukup ketat Tim Riset Warta Ekonomi Books. Mereka adalah: (1) Nurhayati Subakat, CEO PT Paragon Technology & Inovation; (2) Cindy Jean, Direktur Komunikasi & Pemasaran Sepatu Eagle; (3) Handayani, Consumer Business Director PT Bank BRI (Persero) Tbk.

(4) Anis Anjani, Direktur Keuangan PT Hutama Karya (Persero); (5) Lilis Mulyawati, President Director PT Duta Intidaya Tbk (Watsons Indonesia); (6) Lianawaty Suwono, Direktur Bank Central Asia Tbk; (7) Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum dan Kepatutan PT AIA FINANCIAL.

(8) Elvira Lianita, Direktur PT HM Sampoerna Tbk; (9) Atiek Nurwahyuni, Chief Executive Officer PT Transmedia; (10) Ir. Kuntari Laksmitadewi Wahyuningdyah, Direktur Operasi PT Pupuk Indonesai Energi; (11) Satia Indrarini, Direktur Pengembangan SDM PT Bank DBS Indonesia.

(12) Evi Afiatin, Direktur Keuangan PT BPJS Ketenagakerjaan; (13) Dian Siswarini, President Director PT XL Axiata Tbk; (14) Meylindawati, Direktur Keuangan Alianz Life Indonesia; (15) Silvia Halim, Direktur Kontruksi PT MRT Jakarta; (16) Evy Indahwaty, Presiden Direktur PT Radana Bhaskara Finance Tbk.

(Zaenal Arifin)