Tokyo, Aktual.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, mengatakan bahwa Korea Utara kemungkinan memiliki kemampuan untuk meluncurkan peluru kendali gas saraf sarin, di tengah kekhawatiran terhadap uji coba nuklir keenam atau peluncuran peluru kendali yang sewaktu-waktu dapat dilakukan oleh negara komunis itu.

“Ada kemungkinan bahwa Korea Utara memiliki kemampuan untuk meluncurkan peluru kendali dengan sarin sebagai hulu ledak,” kata Abe pada sidang parlemen, dikutip dari Reuters.

Anggota kultus kiamat Jepang menewaskan 12 orang dan membuat ribuan terluka pada 1995 dalam serangan serentak menggunakan gas saraf sarin pada lima kereta bawah tanah Tokyo, di saat jam sibuk padat penumpang.

Ketegangan di semenanjung Korea meningkat akibat Korea Utara melanjutkan program uji coba nuklir dan peluru kendali Pyongyang.

Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa tindakan itu dapat menyebabkan AS mengambil tindakan sepihak dan mengirim kapal pasukan angkatan laut ke dekat semenanjung Korea sebagai unjuk kekuatan yang ditujukan agar menghalangi mereka melakukan uji coba lebih lanjut.

Korea Utara menandai ulang tahun ke-105 kelahiran pendiri negara Kim Il Sung pada Sabtu, sebagai hari nasional Korea Utara terbesar yang disebut “Hari Matahari”. Pemimpin di masa lalu menggunakan tanggal itu untuk melakukan uji coba senjata.

Korea Utara telah meluncurkan beberapa uji coba peluru kendali tahun ini, dan yang terbaru adalah pada 5 April lalu, ketika mereka menembakkan peluru kendali balistik ke laut lepas pantai timur semenanjung.

 

Ant.

()