Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya saat mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi A DPRD Surabaya, Jumat (23/9/2022). (ANTARA/HO-DPRD Surabaya)

Surabaya, Aktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, mengajukan anggaran Pemilu 2024 kepada pemerintah kota setempat sebesar Rp129 miliar.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi, di Surabaya, Minggu, mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi bersama Komisi A DPRD Surabaya untuk membahas anggaran Pilkada dan Pemilu 2024 pada Jumat (23/9).

“Proses penganggaran sudah disampaikan ke pemkot. Saat ini sedang dilakukan proses pembahasan bersama,” kata dia.

Ia mengatakan terkait daftar pemilih tetap (DPT) berdasarkan daftar pemutakhiran pemilih berkelanjutan sudah mencapai 2.016.000 orang.

Terkait wacana penambahan daerah pemilihan (dapil), Nur Syamsi mengaku pihaknya belum bisa memastikan apakah ada penambahan dapil  karena itu kewenangan  KPU RI.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna mengatakan anggaran Pemilu 2019 mencapai Rp110 miliar, sedangkan anggaran Pemilu diajukan naik menjadi Rp129 miliar.

“Kenaikan anggarannya memang banyak. Anggaran memang harus ditambah karena untuk operasional lainnya,” kata Ayu.

Ayu mengatakan sumber anggaran tersebut berasal dari APBN dan APBD Surabaya Tahun 2023.

Mengenai wacana penambahan daerah pemilihan (dapil), ia menjelaskan sementara ini masih tetap 5 dapil dan tempat pemungutan suara (TPS) masih sama, tidak ada perubahan.

“KPU sudah mulai melakukan persiapan untuk pilkada terlebih dahulu,” kata dia.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)