Jakarta, Aktual.com – Komisioner KPU Idham Holik mengungkapkan perhitungan suara untuk cakupan luar negeri sudah mencapai 90 persen. KPU menargetkan hasil penghitungan suara luar negeri rampung di esok hari.

“Proses rekapitulasi hasil perolehan suara dari luar negeri yang dilakukan KPU RI itu Alhamdulillah berjalan lancar. Sampai sore hari ini sudah lebih dari 90% PPLN yang telah menyelesaikan pembacaan dokumen formulir model D,” kata Idham di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/2/2024).

Idham tak menepis adanya dinamika dalam penghitungan suara yang dilakukan pihaknya bersama PPLN. Meski demikian, ia menyebut KPU dapat menyelesaikan hal itu dengan baik.

“Hasil PPLN dan dinamika dalam pelaksanaan pemungutan penghitungan dan rekapitulasi di negara masing-masing tentunya ada, tetapi pada umumnya bisa terselesaikan dengan baik,” ujar Idham.

Ia mengatakan jika tak ada kendala maka penghitungan suara luar negeri akan selesai besok. Beberapa negara yang sempat tertunda di hari ke-empat juga tengah direkapitulasi hari ini.

“Dan saat ini sudah lebih dari 90% yang sudah membacakan formulir model D Hasil. Dan Alhamdulillah semuanya sudah ditetapkan oleh kami, tinggal beberapa lagi. Dan mudah-mudahan kalau tidak malam ini, esok siang mungkin sudah selesai,” ucap Idham.

Komisioner KPU itu juga mengatakan, KPU masih berkoordinasi dengan PPLN Kuala Lumpur untuk penghitungan suara. Wilayah Frankfurt, Jerman, juga akan dilanjutkan rekapitulasinya hari ini.

“Kecuali PPLN Kuala Lumpur ya. PPLN Kuala Lumpur itu belum, karena memang kami juga masih melakukan komunikasi intens ya dengan pihak-pihak terkait tentang rencana PSU (pemungutan suara ulang),” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Ilyus Alfarizi

Tinggalkan Balasan