kapal perang amerika serikat
kapal perang amerika serikat

Jakarta, Aktual.com — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan TNI Angkatan Laut telah mengirimkan KRI Cucut dan KRI Pari untuk membantu pencarian korban hilang tabrakan kapal perang Amerika Serikat dengan kapal pengangkut minyak di sebelah timur Singapura, Senin (21/8).

“Tadi sambil menunggu pertemuan, sudah menghubungi pak KSAL untuk menanyakan bantuan kita, dua KRI kita KRI Cucut dan KRI Pari saat ini sudah berada di daerah kecelakaan,” kata Retno usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Uzbekistan Zoyir Mirzaev di Istana Merdeka Jakarta.

Retno mengungkapakan beberapa personel Angkatan Laut AS belum ditemukan dan proses pencarian sudah dilakukan. “Sementara ini dipantau dan confirm tidak ada tampak tumpahan minyak sehingga konsentrasi saat ini mencari korban yang hilang dan Indonesia sudah bergabung untuk membatu pencarian.”

Menlu juga menyatakan bahwa lokasi tabrakan berada di wilayah Singapura. Dalam pemberitaan sebelumnya, pihak Angkatan Laut AS menyatakan 10 pelaut hilang setelah sebuah kapal perang Amerika Serikat bertabrakan dengan kapal pengangkut minyak di sebelah timur Singapura pada Senin.

Kapal perusak AS, pengangkut peluru kendali, USS John S. McCain bertabrakan dengan kapal niaga Alnic MC ketika menuju ke Singapura untuk melakukan persinggahan rutin, kata pihak Angkatan Laut AS dalam pernyataan.

(Antara)

(Wisnu)
1
2