Komisi XI DPR RI kunjungan ke KPPBC Tipe Pratama Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah
Komisi XI DPR RI kunjungan ke KPPBC Tipe Pratama Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah

Jakarta, Aktual.com – Tim Panja Penerimaan Negara Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan inspeksi ke KPPBC Tipe Pratama Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah.

Kunjungan tersebut, dalam rangka pengawasan atas kinerja penerimaan negara yang bersumber dari Bea dan Cukai. Dengan demikian, apabila terdapat masalah-masalah dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat ditindaklanjuti dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Keuangan RI.

Demikian dikatakan Ketua Tim Kunspek Komisi XI DPR Prakoso kepada pers seusai melakukan pemusnahan jutaan rokok dan minuman keras (Miras) beralkohol di KPPBC Pantoloan, Palu, Sulteng, baru-baru ini.

Tim Komisi XI DPR, lanjutnya, ingin mengetahui bagaimana kinerja pengawas yang telah dilakukan oleh Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Sulawesi. Selain itu, faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam memperlancar penerimaan negara dari sektor Bea dan Cukai khususnya Provinsi Sulawesi Tengah selama 3 (tiga) tahun terakhir.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan menilai, secara umum perkembangan atau kegiatan operasional Bea Cukai saat ini telah menunjukkan komitmen yang sangat bagus terkait dengan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) maupun dalam melaksanakan tugas pokok fungsi jajaran Bea Cukai.

(Arbie Marwan)
1
2
3