Jakarta, Aktual.co — Wakil Presiden Jusuf Kalla lagi-lagi mengatakan kalau pengumuman kabinet pemerintahan Jokowi-JK bisa diumumkan hari ini atau besok.
Saat ditanya apakah sudah dipastikan ada perubahan kabinet dengan penambahan satu menko, yaitu menko bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. JK meminta publik untuk menunggu saja pengumuman kabinet.
“Tunggu saja besok, atau hari ini, atau besok,” kata Wapres JK di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (24/10).
Ketika ditanya lagi soal pengumuman akan dilakukan setelah salat Jumat nanti, JK pun meminta publik untuk bersabar.
“Tunggulah, sabar-sabar sedikit,” kata JK.
“Tunggu saja.” (Baca: Effendi Simbolon: Pengumuman Kabinet ‘Jumat Keramat’)
Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Effendi Simbolon memperkirakan jika Presiden Joko Widodo akan menumumkan nama-nama menterinya, Jumat (24/10) besok.
Hal itu diungkapkan bekas wakil ketua Komisi VII DPR RI periode 2009-2014, dalam acar talk show di salah satu stasiun televisi swasta, Kamis (23/10), terkait batalnya Presiden Jokowi umumkan kabinet di Tanjung Priok, Rabu (22/10) malam.
“Keyakinan saya akan diumumkan besok, sesudah (salat) Jumat,” kata dia.
Sedangkan menurut Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Presiden Jokowi tidak bisa mengumumkan kabinet pemerintahannya sebelum ada surat tanggapan soal nomenklatur kementerian dari DPR, yang sebelumnya dikirim oleh Jokowi ke lembaga wakil rakyat itu.
“Secara etika kan minta pendapat mau bentuk kabinet, lalu mau diumumkan kan itu mustahil,” kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/10).
Menurutnya, jika surat itu tidak diberikan pada DPR, Jokowi bisa mengumumkan kabinet tersebut.
“Kecuali Presiden tidak masukkan surat, kan gak apa-apa juga. Tetapi karena surat udah masuk, ada masalah etika,  maka jika sudah serahkan surat pada lembaga negara minta pertimbangan, maka dia harus tunggu pertimbangan itu dalam tujuh hari (kedepan),” kata Fahri.

()