Makassar, Aktual.com – Perkembangan kondisi lalu lintas jalan raya di kota Makassar makin menujukkan tingkat kepadatan yang tinggi. Hal ini seiring perkembangan ekonomi warga kota yang menuntut mobilitas cepat di jalan raya.

Umumnya yang mendominasi jalan adalah pengendara yang sebagian besar pengemudi pemula.

Kerawanan lalu lintas di jalan raya ini menjadi pendorong Pemerintah Kota Makassar membenahi sistem transportasi dan infrastruktur pendukungnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, tengah mencanangkan laboratorium lalu lintas yang akan dimulai pada tahun 2016.

“Tahun depan kita akan mulai bangun laboratorium transportasi,” ujarnya, Rabu (1/07).

Menurut Danny, laboratorium lalin ini akan diperuntukkan untuk sosialisasi kondisi dan regulasi Lalin, tempat latihan, dan pengujian kompetensi dalam mengemudikan kendaraan bermotor ringan, seperti sepeda motor, dan kendaraan bermotor dengan berat kurang lebih 3.500 kg.

Guna mewujudkan rencana tersebut, Pemkot Makassar telah melakukan Sayembara yang diadakan Dinas Perhubungan Kota Makassar.

“Jadi desainnya berasal dari pemenang sayembara yang hasilnya telah diumumkan tadi,” ujar Danny.

Laboratorium ini memiliki tujuh kriteria yaitu, menjalankan kendaraan bermotor maju dan mundur, slalom (zig zag) maju dan mundur, parkir paralel dan parkir seri, mengemudi berhenti di tanjakan dan turunan, membentuk angka delapan, reaksi rem menghindar, dan berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn).

()

()