Jakarta, Aktual.com — Upacara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, tinggal menghitung hari. Pertanyaannya, bagaimanakah kesiapan dari pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Istana Negara?.

Menurut Kapten Sukiman, selaku Wakil Koordinator Paskibraka mengatakan, bahwa anggota Paskibraka telah hadir untuk menjalani serangkaian latihan sejak 27 Juli 2015.

“Kami datang ke sini, itu tanggal 27 Juli lalu, sebagian ada yang di tanggal 28 Juli, dan tanggal 29 Juli. Kami mengadakan pembukaan tanda latihan dimulai,” ujar Sukiman saat ditemui di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Senin (10/8).

Sukiman kembali menjelaskan, bahwa disini sudah melakukan penyeleksian yang cukup ketat. Maka ada 68 orang Paskibraka yang nantinya akan mengibarkan dan juga menurunkan bendera pusaka tersebut.

“Jadi setiap provinsi itu kan mengirimi anak didiknya sebanyak empat orang, dan oleh pusat diseksi terpilih masing-masing provinsi dua orang, sehingga 2×34 provinsi ada 68 anak yang menjadi Paskibraka. Dan, itulah yang kami latih untuk nantinya mengibarkan juga melakjukan penurunan bendera pusaka,” jelas Sukiman.

Sukiman mengungkapkan, bahwa hari ini merupakan hari terakhir mereka latihan di Cibubur. Dan, dilanjutkan ke Istana Negara.

“Jadi ini hari terakhir latihan, karena mereka harus bersiap-siap latihan di Istana, tanggal 13-14 gladi kotor ke satu dan kedua, lalu gladi bersih di tanggal 15 Agustus,” ucap Sukiman.

Pelatih yang sudah lima tahun menjadi pelatih Paskibraka itu menerangkan, bahwa tanggal 16 Agustus mendatang, mereka sudah berada serta berlatih langsung di Istana Negara.

“Setelah gladi bersih, mereka akan menginap di Hotel Sriwijaya untuk memudahkan akomodasi ke Istana,” ujar Sukiman.

()