Magelang, aktual.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang menyatakan bahwa warga bisa menikmati layanan daring untuk mengakses buku bacaan selama perpustakaan ditutup sementara selama dua pekan mulai Senin [16/3], guna mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

“Karena setiap hari banyak dikunjungi masyarakat, ini berpotensi menjadi tempat penyebaran COVID-19, sehingga kami menyikapi dengan cepat,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang Isa Ashari mengenai kebijakan penutupan sementara perpustakaan.

Dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Magelang, Isa menjelaskan bahwa ada ribuan buku elektronik di perpustakaan digital iMagelang yang bisa diunduh menggunakan telepon pintar.

“Jangan jadikan COVID-19 sebagai alasan tidak membaca. Nikmati ribuan koleksi e-book kami di perpustakaan digital –iMagelang–, di mana saja, kapan saja,” ujar Isa.

Dalam upaya mencegah penularan virus corona jenis baru, beberapa kegiatan di lingkungan Pemerintah Kota Magelang juga ditunda, salah satunya Lomba Lingkungan Hidup Kota Magelang yang sedianya dilaksanakan 13 sampai 27 Maret 2020.

Selain itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang telah menyebarkan imbauan kepada seluruh pedagang kaki lima untuk menyediakan tempat cuci tangan beserta sabun.

“Kami juga imbau agar mereka tetap menjaga kebersihan diri, makanan, tempat makan, dan lingkungan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo.

(Eko Priyanto)