Jakarta, aktual.com – Cirebon tak hanya kaya akan warisan seni dan budayanya. Kota di daerah pantura ini pun punya warisan kuliner yang terkenal seantero negeri. Jangan heran, jika saat berkunjung ke Cirebon Anda akan dibuat heran oleh antrean mobil dan pengunjung yang membludak di satu restoran.

Cita rasa autentik dan pelayanan yang ramah sukses membuat pengunjung rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan meja untuk mencicipi kuliner khas Kota Udang.

Kira-kira, apa saja sih kuliner khas Cirebon yang digandrungi warga lokal dan wisatawan? Sebelum Anda berkeliling Cirebon, jangan lupa untuk booking hotel di Cirebon sebagai tempat menginap.

Cari tahu daftar lengkapnya berikut ini:

1. Empal Gentong Haji Apud, kuliner khas Cirebon yang sering bikin jalanan macet

Warga Cirebon pasti sudah maklum jika perjalanannya tersendat saat melewati rumah makan Empal Gentong Haji Apud. Setiap harinya ada saja rombongan wisatawan yang memadati restoran tersebut demi menikmati sedapnya kuah empal yang dilengkapi irisan daging sapi tebal.

Restoran Empal Gentong Haji Apud saat ini sudah memiliki dua cabang, yakni di daerah Plered dan Jalan Tuparev Kota Cirebon. Biar sudah punya cabang, dua-duanya selalu ramai dipadati wisatawan. Tak apa jika harus mengantre, cita rasa empalnya memang bikin ketagihan sih!

2. Ayam Goreng & Nasi Ati Santa, sederhana tapi banyak diburu

Judulnya memang ayam goreng biasa, tapi cita rasanya bikin banyak orang rela mengantre. Dinamakan ayam goreng santa karena lokasinya yang berada persis depan Sekolah Santa Maria Cirebon. Mulai pukul 10.00, warung Ayam Goreng & Nasi Ati Santa ini mulai dipadati pengunjung yang didominasi ibu-ibu pencari lauk untuk makan siang. Selain ayam goreng, hidangan pelengkap lain seperti sate usus, dan jeroan pun selalu ludes.

3. Nasi Lengko H. Barno Pagongan, kuliner khas legendaris yang cocok untuk vegetarian

Nasi lengko pasti jadi buruan para wisatawan saat mengunjungi Cirebon. Paduan sambal kacang dan siraman kecap di atas nasi dan topping sayuran serta tempe-tahu jadi pesona tersendiri bagi para penggemarnya.

Karena bahannya didominasi sayur, kuliner satu ini bisa jadi cocok buat Anda yang vegetarian. Jika ingin disantap bersama sate kambing pun boleh saja, justru itu yang menjadi ciri khas Nasi Lengko H. Barno.

4. Es Durian Pasar Kanoman, sedap dan bikin puas

Es durian juga jadi kudapan wajib di Cirebon. Salah satu warung es durian yang paling terkenal ada di Pasar Kanoman. Es durian khas Cirebon disajikan bersama potongan nangka, es putar, dan siraman Sirup Tjampolay. Daging duriannya pun lumayan tebal, lho, jadi Anda bisa lebih puas saat menyantapnya. Warung Es Durian Pasar Kanoman berlokasi tepat di depan Toko Oleh-oleh Shinta. Harga seporsinya pun murah, yakni hanya Rp12.000.

5. Rujak Kangkung Sambal Asam, kuliner khas yang bikin mata langsung melek

Suka kuliner dengan rasa yang tajam? Kalau begitu, Anda wajib mencoba rujak kangkung khas Cirebon. Sambalnya tak hanya terasa pedas, tapi juga didominasi rasa asam dan manis khas gula merah yang bikin mata langsung segar. Biasanya, rujak kangkung disajikan bersama kerupuk melarat yang bikin rasanya makin meriah. Sampai saat ini, warung rujak kangkung khas Cirebon masih dapat ditemukan di berbagai penjuru kota.

Pasti jadi tidak sabar untuk segera mencicipi kuliner di atas, bukan? Sabar dulu, persiapkan segala keperluan Anda agar dapat berwisata dengan nyaman di Cirebon. Pesan hotel di Cirebon sebelum keberangkatan untuk memastikan Anda mendapatkan penginapan nyaman.

Tak perlu bingung cari hotel murah dan nyaman di Cirebon. Booking hotel Anda melalui aplikasi atau situs Airy agar lebih praktis. Tinggal ketik kota tujuan Anda lalu pilih hotel yang akan dipesan, lengkapi pembayaran, dan langsung check-in.

Mulai perjalanan wisata impian Anda dari sekarang bersama Airy!

(Zaenal Arifin)