Jakarta, Aktual.com – Aset properti harus dijaga sebaik mungkin demi meningkatkan value-nya. Baik itu rumah maupun apartemen, aset ini harus tetap dirawat dengan baik dan dioptimalkan sesuai fungsinya.

Kamu bisa memanfaatkan kredit tanpa agunan dari bank untuk melakukan berbagai macam upaya agar nilai properti bertambah.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan baik di masa sekarang maupun di masa depan. Properti menjadi sebuah aset yang sangat berharga di zaman sekarang. Jika dijaga atau dirawat dengan baik maka properti ini bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk menambah nilai properti yang sudah dimiliki agar manfaat yang didapatkan juga semakin besar.

Pentingnya Menambah Nilai Properti

Mengapa penting untuk menambah nilai dari sebuah aset properti? Ada banyak alasan yang akan membuat kamu semakin yakin untuk melakukan upaya menambah nilai properti.

Tentunya semua alasan ini akan bermanfaat atau menguntungkan bagi dirimu sendiri sebagai pemilik aset properti tersebut. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya menambah nilai properti yang kamu miliki:

1. Meningkatkan Rasa Nyaman

Alasan pertama, semakin tinggi nilai properti maka akan semakin besar juga rasa nyaman yang dinikmati oleh para penghuninya. Perlu dipahami bahwa kenyamanan adalah faktor yang sangat penting untuk dimiliki di sebuah rumah.

Jika kamu ingin punya sebuah hunian yang berharga dan berkesan, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah kenyamanannya. Ini sangat penting untuk dipahami jika aset properti yang kamu miliki tersebut dipakai untuk keperluan pribadi bersama keluarga.

Artinya kamu dan keluarga akan menempatinya untuk jangka waktu tertentu. Jika kamu berusaha untuk meningkatkan nilai properti tersebut dengan baik maka kenyamanan di dalamnya juga akan bertambah dan membuat para penghuni merasa betah.

2. Mempercantik Visual

Alasan lain pentingnya menambah nilai properti adalah untuk mempercantik tampilan visualnya. Rumah tidak hanya harus nyaman tapi juga enak dipandang mata.

Rumah dengan tampilan visual yang cantik pasti akan membuat hati merasa senang. Lebih dari itu, orang-orang yang lewat dan melihat rumah tersebut juga pasti akan merasa terpesona.

Lalu bagaimana dengan apartemen? Tentu saja kamu juga tetap bisa mempercantik visual dari apartemen. Bukan fasadnya namun bagian interior yang bisa dipercantik.

Interior apartemen yang cantik dan menarik pasti akan membuat penghuninya merasa senang. Kenyamanan dan rasa bahagia tinggal di sana pasti akan meningkat dengan tampilan interior yang rapi juga memukau.

3. Memperkuat Nilai Investasi

Jelas sekali bahwa nilai properti yang bertambah akan meningkatkan nilai investasinya. Banyak orang menjadikan properti sebagai aset investasi di zaman sekarang ini.

Properti memang punya nilai investasi yang menjanjikan dan cukup stabil. Tidak heran jika dari zaman dulu sampai sekarang orang-orang menjatuhkan pilihan pada aset ini.

Jika nilai investasi dari properti tersebut meningkat, lalu siapa yang akan diuntungkan? Sudah pasti kamu sendiri yang akan menikmati keuntungannya.

Kamu bisa mendapatkan nilai keuntungan yang jauh lebih besar dan berlipat kali dari harga beli properti tersebut. Bahkan modal yang dipakai untuk meningkatkan nilai properti tersebut tidak akan terasa berat lagi.

4. Mempermudah Proses Sewa atau Jual

Semakin tinggi nilai sebuah properti maka akan semakin mahal harga sewa atau jualnya. Jika kamu ingin menjual properti tersebut maka jangan ragu untuk meningkatkan nilainya.

Ini akan membuat harga jualnya jauh lebih tinggi dan orang juga akan dengan senang hati membelinya karena memang nilai dari properti tersebut semakin besar.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin menyewakan properti tersebut maka hal ini juga akan sangat penting untuk dilakukan. Orang yang mencari properti untuk disewa pasti akan mempertimbangkan banyak hal.

Sebagian besar orang tidak akan merasa ragu untuk mengeluarkan biaya sewa yang tinggi demi menempati properti yang memang layak dan nyaman.

5. Memperpanjang Daya Pakai Rumah

Alasan lain meningkatkan nilai properti adalah untuk memperpanjang daya pakainya. Sebuah rumah juga punya daya pakai dalam jangka waktu tertentu. Rumah-rumah tua yang banyak kita temui di lingkungan sekitar menjadi bukti bahwa sebuah bangunan rumah punya usia tertentu.

Jika aset properti yang kamu miliki punya usia cukup tua, maka kamu sebaiknya segera meningkatkan nilainya. Upaya untuk menambah nilai properti dengan usia yang sudah tua ini akan membantu memperpanjang usia pakai.

Rumah tua bisa menjadi rumah yang kembali kokoh dan nyaman untuk ditempati. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri dan membuat rumah tersebut jadi tempat yang hidup untuk kedua kali. Nilai jual rumah tua yang sudah direnovasi juga pasti akan jauh lebih mahal.

Tips Menambah Nilai Properti

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah nilai sebuah aset properti? Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan. Pertama-tama kamu harus tahu dulu tujuan dari menambah nilai properti tersebut.

Kamu harus paham betul apa yang ingin didapatkan nanti. Setelah itu, silakan lakukan beberapa tips menambah nilai properti berikut ini:

  • Percantik Fasad Rumah

Pertama, kamu bisa mempercantik fasad rumah. Tidak bisa dipungkiri bahwa fasad rumah punya pengaruh besar terhadap nilai keseluruhan rumah. Mudahnya, jika fasadnya bagus maka nilai rumah tersebut juga pasti akan lebih tinggi.

Terutama untuk rumah-rumah tua dengan desain fasad yang masih terkesan kuno sehingga tidak relevan lagi di zaman sekarang. Ubahlah tampilan depan atau fasad rumah secara total.

Pilih konsep yang menarik dan pertimbangkan juga bentuk asli dari properti tersebut. Ingat, fasad ini akan memberikan kesan pertama begitu seseorang melihat sebuah rumah atau bangunan.

Jadi persiapkan sebaik mungkin dan pastikan properti tersebut langsung punya nilai tinggi hanya dari fasadnya yang menarik.

  • Perluas Ukuran Ruang

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah memperluas ukuran ruang di dalam rumah. Bisa dengan memperluas ruangan tertentu atau menambah jumlah ruang yang ada di dalamnya.

Tinggal di sesuaikan saja dengan tujuan pemakaian dan tentunya sisa ruang yang masih bisa dimanfaatkan. Pastikan bahwa perluasan ukuran ruang ini bisa bermanfaat dan memberikan kenyamanan bagi para penghuni.

Ini menjadi hal yang tidak sulit dilakukan jika ukuran propertinya memang kecil. Namun jauh lebih mudah jika ukuran aslinya sudah cukup luas. Percayakan saja pada vendor yang melakukan renovasi agar bisa memanfaatkan ruang yang ada sebaik mungkin.

Manfaatkan ruang yang masih tersisa secara optimal dan bila perlu kamu juga bisa menghilangkan ruang-ruang yang tidak dipakai untuk dibuat ruang baru.

  • Lakukan Renovasi Total

Jika memang kondisi rumah sudah tua dan tidak bisa dilakukan renovasi kecil maka lakukan saja perombakan total. Renovasi total memang akan membutuhkan biaya yang besar namun sangat efektif untuk diterapkan pada rumah tua.

Jika memang aset properti tersebut sudah tidak layak dan nilainya turun drastis maka jalan satu-satunya adalah renovasi total.

Tentu saja dibutuhkan persiapan matang untuk melakukan renovasi total. Pastikan kamu mengajak vendor yang benar-benar bisa dipercaya dan sudah berpengalaman.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan dana dengan sebaik mungkin. Kredit tanpa agunan adalah pilihan yang tepat untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan biaya renovasi total tersebut.

  • Tambahkan Balkon dan Teras yang Cantik

Pilihan lain yang bisa kamu ambil untuk menambah nilai properti adalah membuat balkon dan teras yang cantik. Penambahan nilai properti bisa dilakukan dengan memberi aksen lain di rumah tersebut.

Balkon dan teras bisa jadi pilihan tepat karena bisa menambah estetika dan akan meningkatkan daya tarik bagi orang lain. Jika rumah ingin disewakan atau dijual, dua poin ini akan memberi kelebihan tersendiri.

Balkon bisa digunakan jika properti tersebut terdiri dari dua lantai atau lebih. Siapkan balkon dengan konsep desain yang menarik dan estetik sehingga tidak hanya fungsional tapi juga indah.

Sementara itu untuk teras bisa dipilih desain yang jauh lebih modern sesuai dengan konsep rumah secara keseluruhan. Pastikan ruang untuk balkon dan teras ini cukup luas agar memberi kesan yang nyaman.

  • Mengubah Konsep Interior

Kamu juga bisa mengubah konsep interior di dalam rumah atau apartemen untuk meningkatkan nilainya. Nilai properti memang tidak hanya dari luar namun juga dari dalam.

Jika interiornya bagus dan punya desain yang menarik, maka nilai yang didapatkan dari aset tersebut juga pasti akan jauh lebih tinggi. Jauh lebih mudah untuk menjual atau menyewakannya di masa depan nanti.

Ini juga bisa jadi pilihan jika aset properti yang dimiliki adalah rumah dengan fasad yang menarik namun interiornya kacau. Tidak perlu melakukan renovasi total, cukup fokus saja pada bagian interiornya.

Pilihlah jasa desainer interior yang sudah berpengalaman untuk mendapat hasil terbaik. Jangan lupa, sesuaikan juga konsep desain interior ini dengan gaya properti tersebut.

Tingkatkan Nilai Properti dengan Kredit Tanpa Agunan dari digibank by DBS

Bagi kamu yang punya aset properti dan ingin meningkatkan nilainya, langsung saja gunakan digibank KTA sebagai modal. Produk kredit tanpa agunan dari digibank by DBS ini sangat direkomendasikan untuk keperluan renovasi total maupun sebagian. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan:

  • Akses Online 24 Jam

Prosedur pengajuan KTA ini dilakukan secara online 24 jam lewat go.dbs.com/kta maupun Aplikasi digibank by DBS.

  • Approval Cepat

Proses approval pinjaman hanya butuh waktu 60 detik.

  • Dana Langsung Cair

Setelah disetujui, kamu bisa langsung mencairkan dana ke rekening pribadi dengan nominal sampai Rp80 juta.

  • Fleksibel Atur Pinjaman

Kamu akan mendapatkan kemudahan mengatur jumlah pinjaman sesuai kebutuhan.

  • Tenor Cicilan sampai 36 Bulan

Pinjaman ini menawarkan tenor cicilan yang sangat fleksibel sampai 36 bulan.

  • Tidak Butuh Dokumen Fisik

Proses pengajuan KTA ini tidak membutuhkan dokumen fisik apapun dan dilakukan secara online.

  • Syaratnya Sangat Simple

Tidak dibutuhkan syarat yang rumit untuk mendapatkan digibank KTA. Kamu harus punya e-KTP dan NPWP serta berdomisili di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, atau Semarang. Kamu juga harus punya penghasilan minimal Rp5 juta.

Kredit tanpa agunan dari digibank by DBS ini menjadi sebuah solusi tepat bagi kamu yang ingin menambah nilai dari suatu properti. Pastikan untuk membuat perencanaan yang tepat sehingga proses renovasi baik total maupun sebagian bisa berjalan lancar sesuai harapan.

(AMP)

(Advertorial)